Lokal  

Sutarmidji Janji Pembangunan Jalan Provinsi di Kayong Utara Tuntas di Periode Kedua

Sutarmidji Janji Pembangunan Jalan Provinsi di Kayong Utara Tuntas di Periode Kedua. (Ist)

PONTIANAK INFORMASI, LOKAL – Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 1, Sutarmidji, kembali berjanji untuk menyelesaikan pembangunan jalan provinsi di Kabupaten Kayong Utara (KKU) jika terpilih di periode kedua. Hal ini disampaikan Sutarmidji saat melakukan silaturahmi dengan warga Desa Pulau Kumbang, Kecamatan Simpang Hilir, KKU, Selasa (15/10) malam. Acara kampanye dialogis yang dihadiri ratusan warga ini juga diikuti oleh pasangan calon bupati dan wakil bupati KKU nomor urut 1, Effendi Ahmad-Sartono.

Effendi Ahmad, yang menjabat sebagai Wakil Bupati KKU periode 2018-2023, mengungkapkan bahwa di era kepemimpinan Sutarmidji, pembangunan infrastruktur di KKU, terutama jalan provinsi, sudah berjalan dengan baik.

“Jalan provinsi di KKU terakhir dibangun pada 2008 dan selama 10 tahun hanya dilakukan tambal sulam. Setelah Sutarmidji menjabat sebagai Gubernur Kalbar, beberapa ruas jalan mulai dari Siduk hingga Teluk Batang sudah diperbaiki,” ujarnya.

Effendi menambahkan bahwa meski pandemi Covid-19 sempat menghambat berbagai proyek pembangunan, Sutarmidji tetap berkomitmen melanjutkan pembangunan jalan. Ia yakin jika terpilih kembali, Sutarmidji akan menyelesaikan pembangunan jalan provinsi di KKU hingga 100 persen.

Sementara itu, Sartono, pasangan Effendi Ahmad dalam Pilkada KKU, mengaku telah mengenal Sutarmidji sejak masih kuliah di Pontianak. Menurutnya, Sutarmidji telah menunjukkan banyak pencapaian, baik saat menjadi Wali Kota Pontianak maupun Gubernur Kalimantan Barat.

“Di periode pertama, Sutarmidji berhasil meningkatkan persentase jalan provinsi dalam kondisi mantap dari 49,9 persen menjadi 80 persen. Saya yakin di periode kedua, jalan provinsi akan tuntas 100 persen,” ungkapnya.

Tidak hanya pembangunan jalan, Sutarmidji juga berkomitmen memperhatikan sektor pendidikan. Dalam lima tahun terakhir, empat SMA/SMK negeri baru telah dibangun di KKU. Sartono mengajak warga Pulau Kumbang untuk mendukung kepemimpinan Sutarmidji di periode kedua.

Dalam kesempatan tersebut, Sutarmidji menegaskan bahwa jika ia dan pasangannya, Didi Haryono, memenangkan Pilkada 2024, mereka akan melanjutkan pelebaran dan perbaikan ruas jalan provinsi Sukadana-Teluk Batang.

“Selain diperbaiki, ruas jalan ini juga perlu dilebarkan minimal satu hingga dua meter untuk mendukung arus lalu lintas yang lebih lancar,” ucapnya.

Sutarmidji juga berjanji untuk mempercepat pembangunan jalan di Teluk Melano menuju Sukadana, yang masih banyak mengalami kerusakan.

“Jika saya terpilih dan dilantik pada Februari 2025, Insyaallah pada April atau Mei, jalan Sukadana-Teluk Batang sudah mulai dikerjakan,” tegasnya.

Selain itu, Sutarmidji berkomitmen untuk membangun jalan Perawas secara bertahap agar akses dari Pontianak ke Sukadana menjadi lebih cepat.

“Jika jalan Perawas bisa dilalui dengan baik, waktu tempuh bisa dipangkas hingga 4,5 jam, dan ini akan mendorong perekonomian Kayong Utara,” pungkasnya.