Amerika Baik, Total Bantuan AS ke Indonesia Selama Penanganan Pandemi: Rp 1,1 Triliun

Ilustrasi Bantuan AS, Rp 1,1 Triliun. Foto: Bisnis.com

Total dana dari komitmen pemerintah Amerika Serikat (AS) yang diberikan ke Indonesia selama penanganan pandemi Covid-19 capai angka 1,1 triliun rupiah. Angka yang fantastik itu diharapkan dapat membantu penanggulangan pandemi di Indonesia.

Saat ini kerjasama bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat kian meningkat. Dalam lawatannya ke Negeri Paman Sam, Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi berhasil mencapai kesepakatan dengan sejumlah pejabat di Kota Washington DC, terkait peningkatan kerjasama di bidang kesehatan.

Dilansir dari SindoNews, prioritas kerjasama jangka pendek sekarang adalah penanganan pandemi Covid-19. Hingga sejauh ini, AS telah memberikan bantuan dengan jumlah yang fantastis kepada Indonesia. Mencakup delapan juta vaksin Moderna, 1000 ventilators, obat-obatan terapeutik oleh salah satu perusahaan AS senilai USD 51.6 juta, dan alat-alat kesehatan lainnya.

“Untuk jangka panjang, tentunya masalah ketahanan kesehatan menjadi isu pembahasan selama pertemuan-pertemuan,” kata Retno, seperti dikutip dari SindoNews (5/8/2021). 

Menlu Retno menyebutkan bahwa dalam kunjungan pada awal Agustus 2021 ini, AS juga telah menyampaikan sejumlah komitmen baru terkait kerjasama penanganan pandemi. Salah satunya adalah tambahan dana USD 30 juta.

Bila dijumlahkan dengan bantuan yang diberikan sejak pertama kalinya, total bantuan yang disumbangkan oleh pemerintah AS adalah senilai USD 81,6 juta atau sekitar 1,1 triliun rupiah .

(SindoNews)

Exit mobile version