AS Kembali Bantu Indonesia Tangani Pandemi, Kirim Bantuan Senilai Rp 430 Miliar

Ilustrasi Dollar AS, Foto: Vibiznews.com

Amerika Serikat (AS) kembali kirim bantuan penanganan pandemi Covid-19 untuk Indonesia, pemerintah AS rencananya akan mengirim bantuan tambahan senilai US$30 juta atau Rp430 miliar.

Hal ini diketahui dari komitmen bantuan yang disampaikan oleh Penasihat Keamanan Nasional AS (NSA), Jake Sullivan, saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Washington D.C, Senin (2/8/2021). Dalam kesempatan itu, mereka membahas berbagai isu bilateral untuk memperkuat kemitraan strategis Indonesia-AS, salah satunya adalah kerja sama penanganan pandemi Covid-19.

“Menlu Retno dan NSA Sullivan membahas kerja sama untuk mengatasi pandemi Covid-19. Pada pertemuan tersebut, NSA Sullivan menyampaikan komitmen tambahan dukungan kerja sama AS sebesar US$ 30 juta berupa pasokan peralatan oksigen, alat kesehatan dan obat-obatan. Dengan dukungan tambahan ini, maka total dukungan kerja sama AS sejak awal pandemi sebesar US$ 65 juta,” mengutip dari rilis kemenlu.go.id (3/8).

Kedubes AS di Jakarta mengatakan bahwa bantuan senilai 30 juta dolar itu itu akan digunakan untuk menunjang pasokan medis merawat pasien-pasien Covid-19. Di samping itu, bantuan itu juga dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan Indonesia dalam distribusi dan penyuntikan vaksin.

Dalam lawatan Menlu Retno, dibahas juga kerja sama jangka panjang di bidang kesehatan agar kapasitas nasional, regional dan global lebih baik lagi dalam menghadapi pandemi di masa mendatang. Menlu Retno berharap dukungan AS itu nantinya bisa meningkatkan kapasitas Indonesia dalam membuat vaksin dengan teknologi terkini yang berbasis mRNA dan obat terupatik penyakit menular.

Menanggapi semua bantuan yang sudah diberikan, Menlu Retno mengapresiasi pemerintah AS yang dengan baik hati mau membantu Indonesia menangani pandemi Covid-19 hingga sejauh ini.

(Kemenlu RI)

Exit mobile version