Ini Dia Daftar 7 Pemilik Bank Terkaya Di Indonesia Versi Majalah Forbes

Seperti yang kita tahu, Bank adalah salah satu tempat perputaran uang, baik yang menyimpan maupun yang meminjam.

Bisa dibilang, Bank adalah gudang uang.

Jadi tidak heran, jika orang yang memiliki bank, adalah orang yang memiliki banyak uang.

Majalah Forbes baru-baru ini kembali merilis daftar orang terkaya di dunia maupun di Indonesia.

Berikut ini, daftar 7 konglomerat pemilik bank paling tajir di Indonesia dikutip dari kompas.com, Sabtu (31/7/2021).

1.Hartono Bersaudara (Bank BCA)

Siapa tak kenal dengan Budi Hartono dan Michael Hartono. Mereka sejak satu dekade terakhir menjadi langganan di posisi teratas orang terkaya di Indonesia.

Budi Hartono dicatat Forbes memiliki kekayaan sebesar 18,1 miliar dollar AS. Sementara saudaranya Michael Hartono memiliki kekayaan sebesar 17,4 miliar dollar AS.

Budi Hartono berada di peringkat ke-107 orang terkaya di dunia, kemudian Michael Hartono di peringkat ke-111 orang paling kaya di dunia.

Keduanya adalah orang terkaya di Indonesia, yakni urutan pertama dan kedua. 

2. Jerry Ng (Bank Jago)

Jerry Ng adalah salah satu bankir senior di Indonesia. Ia merupakan sosok di balik Bank Jago, bank yang kini fokus sebagai bank digital, setelah sebelumnya ikut membesarkan Jenius, bank digital milik Bank BTPN.

Forbes menempatkan Jerry Ng di urutan ke 638 orang terkaya di dunia dengan total kekayaan bersih sebesar 4,8 miliar dollar AS.

3. Chairul Tanjung (Bank Mega)

Charul Tanjung atau biasa disapa CT adalah pemilik dari konglomerasi CT Corp yang membawahi Bank Mega. Namanya dikenal sebagai salah satu raja media karena memiliki stasiun televisi.

Dicatat Forbes, CT berada di urutan ke-774 orang terkaya di dunia dengan total kekayaan bersih sebesar 4 miliar dollar AS.

4. Tahir (Bank Mayapada)

Dato Sri Tahir adalah pemilik dari Grup Mayapada yang merupakan induk dari Bank Mayapada. Mayapada sendiri merupakan salah satu bank swasta terbesar di Indonesia. Bank ini berdiri pada tahun 1989.

Forbes menempatkan Tahir di peringkat ke-954 orang terkaya dunia dengan kekayaan sebesar 3,4 miliar dollar AS.

5. Mochtar Riady (Bank Nobu)

Mochtar Riady adalah pemilik dan pendiri Grup Lippo, sebuah konglomerasi bisnis yang bergerak di bidang media, keuangan, dan properti.

Mochtar Riady berada di urutan ke-1.581 orang terkaya dunia versi Forbes dengan total kekayaan bersih sebesar 2,1 miliar dollar AS.

6. Putera Sampoerna (Bank Sahabat Sampoerna)

Putera Sampoerna adalah orang terkaya Indonesia di urutan ke-13 versi Majalah Forbes dengan harta kekayaan sebesar 1,8 miliar dollar AS. Setelah melepas mayoritas kepemilikannya di perusahaan rokok Sampoerna ke Philip Morris, kini ia lebih berfokus pada bisnis investasi lewat Sampoerna Strategic. Bisnisnya sangat luas mulai dari kayu, perkebunan sawit, keuangan, telekomunikasi, dan properti. Dalam bisnis perbankan, Putera Sampoerna memiliki Bank Sahabat Sampoerna atau Bank Sampoerna.

7. Harry Tanoe (Bank MNC)

Hary Tanoesoedibjo atau Hary Tanoe adalah politikus sekaligus pengusaha nasional Indonesia pemilik Bank MNC. Namanya masuk dalam deretan orang terkaya di dunia di urutan ke-2.581 dengan kekayaan sebesar 1,1 miliar dollar AS versi Forbes.

(Kompas.com)

Exit mobile version