Virus Corona Resmi Masuk di Indonesia, Jangan Panik. Ini Yang Perlu Dipersiapkan

0
745

Sumber Gambar: https://www.cnnindonesia.com/

Presiden Republik Indonesia memberi pernyataan resmi terkait isu virus corona yang beredar. Dua Warga Negara Indonesia (WNI) dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Dua WNI yang saat ini bertempat tinggal di Depok tersebut kini telah diisolasi dalam ruangan khusus di RSPI Sulianti Saroso. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pasien tidak berkontak dengan siapapun.

Bapak Jokowi, Presiden Republik Indonesia mengungkapkan bahwa pasein adalah seorang ibu berumur 64 tahun dan putinya berumur 31 tahun. Kedua pasien tersebut terinfeksi setelah berkontak dengan salah seorang warga negara Jepang yang positif terinfeksi virus corona. Saat ini, tercatat lebih dari 50 negara yang positif terkena wabah virus corona

Dengan pernyataan resmi dari Presiden tersebut, banyak masyarakat takut dan panik. Tentu saja cemas sehingga bingung apa yang harus dilakukan. Sebaiknya mempersiapkan diri dengan pola hidup sehat dan waspada harus dilakukan.

Dilansir dari CNNIndonesia.com Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), virus corona mendatangkan berbagai pengaruh. Terutama covid-19 sangat berpengaruh terhadap aktivitas sehari-hari seperti kegiatan di Sekolah, Bisnis, rumah sakit dan lain sebagainya.

Namun untuk mempersiapkan diri dari virus corona berikut caranya:

  1. Pembatalan acara, event, kegiatan, sekolah yang sifatnya diluar rumah. Seperti halnya dinegara-negara yang sudah terkena dampak virus corona, untuk mencegah meluarnya wabah ini pemerintah membatalkan banyak acara juga menutup sementara atau meliburkan sekolah, perguruan tinggi dan lain sebagainya. Sebaiknya persiapkan diri Anda untuk terkena dampak pembatalan ini.
  2. Melakukan pekerjaan dari rumah. Karena banyak tempat diliburkan, maka kemungkinan terbesar adalah melakukan pekerjaan di rumah. Bahkan CDC juga mengeluarkan surat izin untuk perusahaan agar para pekerjanya dapat bekerja di rumah. Hal ini dilakukan untuk menghambat laju pergerakan virus corona.
  3. Tetap menerima informasi juga diperlukan. Akan tetapi pastikan Anda tidak mudah percaya dengan informasi yang beredar dan belum tentu kejelasannya. Pastikan informasi itu dari organisasi kesehatan dunia (WHO), pemerintah, dan media yang terpecaya.
  4. Gaya hidup sehat tentu saja harus diterapkan. Tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta meningkatkan daya tahan tubuh dapat terhindar dari virus. Lakukan kegiatan-kegiatan seperti berolahraga teratur, makan makanan bernutrisi tinggi, perbanyak konsumsi buah dan sayur serta tidur yang cukup.
  5. Jangan panik. Pastikan Anda tidak panik dan lakukan aktivitas seperti biasa dengan tetap mengikuti panduan dari WHO dan pemerintah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here