Stok Langka, Kadinkes Pontianak: Vaksin yang Datang Diprioritaskan untuk Vaksinasi Dosis Kedua

Kepala Dinas Keehatan Kota Pontianak dr. Sidiq Handanu. Foto: Dok Prokopim Pemkot Pontianak

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pontianak, dr. Sidiq Handanu mengatakan ketersediaan stok vaksin Covid-19 di Kota Pontianak menipis, jumlahnya langka. Sidig menyebutkan vaksin yang datang saat ini diprioritaskan untuk vaksinasi dosis kedua.

Sidiq menjelaskan, vaksin dosis pertama yang tiba di Kota Pontianak hanya 700 vial saja. Sedangkan dosis kedua, jumlahnya hanya cukup untuk 17 ribu orang. Menurut Sidiq, jumlah tersebut masih sedikit dengan kebutuhan vaksinasi di Kota Pontianak yang saat ini mencapai 70.000 orang.

“Jumlah ini tentu masih sedikit karena kebutuhan vaksin yang diperlukan berdasarkan selisih jumlah penerima dosis pertama dan kedua sekitar 70 ribu orang. Karena itu saat ini stok vaksin COVID-19 masih langka di Kota Pontianak. Vaksin yang datang saat ini diprioritaskan bagi vaksinasi dosis kedua,” sebut Sidiq, mengutip dari RRI Pontianak (3/8/2021).

Sidiq menambahkan, dosis pertama vaksin yang tersedia akan diprioritaskan diberikan untuk masyarakat yang sedang dalam kondisi darurat. Kemudian, untuk program vaksinasi massal tetap akan diupayakan oleh Pemerintah Kota Pontianak.

Terkait vaksinasi dosis ketiga yang menggunakan Vaksin Moderna, Sidiq menerangkan vaksin jenis tersebut hanya diberikan ke tenaga kesehatan di lingkungan KOta Pontianak saja. Saat ini pihaknya sedang mendata tenaga kesehatan yang bekerja di fasilitas kesehatan Pontianak.

“Nakes akan diutamakan untuk pemberian vaksin Covid-19 moderna di Kota Pontianak. Jumlah vaksin moderna sekitar 6.000 dosis. Saat ini kami masih melakukan pendataan terhadap tenaga kesehatan di beberapa fasilitas kesehatan,” jelasnya.

(RRI Pontianak)

Exit mobile version