Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi Samsung Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra

0
747

Sumber Gambar: https://tekno.kompas.com/

Samsung akhirnya mengumumkan flagship smartphone terbaru, yaitu Galaxy S20 series. Trio Galaxy S20 yang dirilis yakni Galaxy S20, S20 Plus dan S20 Ultra. Samsung memberikan beberapa peningkatan pada smartphone flagship terbarunya diantaranya layar dengan kecepatan refresh 120Hz, kamera telefoto dengan kemampuan zoom, desain lebih cantik dan elegan yang memberikan kesan samartphone premium, dan dukungan untuk koneksi 5G.

Terdapat beberapa perbedaan yang cukup mendasar dari trio Galaxy S20 series, yaitu ukuran, spesifikasi dan harga. Yuk simak sepesifikasinya satu persatu.

Desain dan Ukuran

Secara kasat mata Samsung Galaxy S20 dan S20 Plus terlihat sama, yang membedakannya hanyalah ukuran dan jumlah kamera. Dari sisi ukuran varian Plus punya ukuran lebih besar. Dari sisi kamera varian reguler punya tiga kamera, sedangkan varian Plus punya empat kamera dan konfigurasi kamera yang lebih besar.

Secara ukuran masing-masing memiliki ukuran sebagai berikut: Galaxy S20 mengusung 6,2 inci, S20 Plus 6,7 inci, dan S20Ultra 6,9 inci, semuanya menggunakan panel AMOLED. Sama seperti lini Note 10, Galaxy S20 series tidak memiliki headphone jack. Pengguna akan mendapatkan sebuah headphone USB C.

Smartphone series ini memiliki kesan premium dengan paduan kaca dan metal yang elegan, kemudian Bazelnya yang sangat  tipis. Dengan letak lubang layar infinity O ditengah atas perangkat.

Kecepatan Refresh 120Hz

Ketiganya memiliki resolusi QuadHd yang disetel default Full Hd untuk mengoptimasikan ketajaman dan daya tahan batrai. Fitur terbaiknya adalah refresh yang tinggi, yaitu 120Hz. Fitur ini menjadikan aktivitas dilayar semakin mulus. Namun fitur ini hanya bisa diaktifkan jika layar berjalan pada FullHD, jika tidak diaktifkan maka layar akan kembali pada kecepatan 60Hz. Secanggih itu ya.

Kamera

Samsung selalu menaruh perhatian lebih di sektor kamera, termasuk juga pada Galaxy S20 series. Mulai dari sistem kamera baru yakni camera bump di kameranya. Kemudian fitur terbaru yang dipasang di kamera telefoto mengusung sensormasif 64MP. Fitur Hybrid Optic Zoom yang  dirancang mampu menge-zoom 3 kali tanpa adanaya penurunan kualitas gambar. Bakal puas banget pakai kamera Smartphone ini.

Kamera terbaik terpasang di S20 Ultra dengan kamera utama sensor 108MP. Bedanya sesor 108 MP memadukan 9 piksel menjadi satu yang kemudian menghasilkan gambar dengan resolusi 12MP.

Sedangkan untuk Galaxy S20 dan S20 Plus memiliki konfigurasi kamera: 12MP Kamera utama, bukan f/1.8, OID, 12MP kamera ultra wide, f/2.2. 64MP telefoto (S20 plus), dan 10MP kamera depan.

Selain itu mereka punya deretan fitur baru yang ada di kamera Galaxy  S20 Series, fitur baru tersebut:

  • Single Take, yaitu fitur praktis yang ketika kita memencet tombol kamera smartphone akan otomatis mengambil foto dan video, dan meletakan hasil terbaiknya pada sebuah album. Ini juga membantu kita hanya membiarkan momennya berjalan, tanpa perlu pose, kita akan mendapatkan vieo pendek, GIF, foto yang stylish dan berbagai konten lainnya. Itu semua akan didapatkan hanya dengan satu klik.
  • Night Mode 2.0, yaitu kecerahan akan makin naik meski dalam kondisi cahaya sangat redup.
  • Night Hyperlapse, dengan ini di malam hari yang redup cahaya kita bisa melakukan hyperlapse.
  • 8K Video, berkemampuan mengambil video 8K.
  • Super Steady, memadukan hardware dan AI yang mana stabilisasi optikal dan corp kamera wide yang menjadi kunci video tidak goyang sama sekali.
  • Pro Mode, untuk video dapat memberi kontrol manual sperti DSLR, yakni mengubah speed dan ISO.

Dapur Pacu

Semua varian S20 series mengusung Snapdragon 865 untuk varian AS, dan Exynos 990 untuk varian internasional. Semua varian memiliki konektivitas 5G. Galaxy S20 dan S20 Plus memiliki RAM 8GB atau 12GB, untuk S20 Ultra terdapat dua varian 12GB dan 16GB.

 

Batrai dan Pengecasan

Pada Galaxy S20 dan S20 Plus mengalami peningkatan kapasitas baterai, hal ini dikarenakan smartphone butuh menyuplai daya untuk layar 120Hz dan koneksi 5G. Kapasitas baterai itu untuk S20 yakni 4.000mAh , dan untuk S20 Plus 4.500mAh.

Di dalam kotaknya ada charger 25W berbasis fast charging, sementara pada S20 ultra pengecasan lebih ngebut, hanya saja harus membeli charger 45W terpisah. Selian itu ada opsi pengecasan nirkabel dengan kecepatan yang lebih baik daripada yg ada di Galaxy S10 Series.

Nah, bagaimana menurutmu sepsifikasi Galaxy S20 Series? Menarik untuk dimiliki bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here