25 C
Pontianak
Monday, March 1, 2021
No menu items!
Advertisment
Home News Lokal Tim Gabungan Gagalkan Penyelundupan Ratusan Ekor Burung Dilindungi

Tim Gabungan Gagalkan Penyelundupan Ratusan Ekor Burung Dilindungi

PONTIANAK – Upaya penyelundupan 110 ekor burung dilindungi digagalkan petugas gabungan dari Polsek Kawasan Pelabuhan Dwikora Pontianak, Balai Karantina Kelas I Pontianak, dan BKSDA Kalimantan Barat (Kalbar).

Rencananya, ratusan burung berbagai jenis yang dilindungi itu akan dikirim ke Pulau Jawa menggunakan angkutan laut.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Dwikora Pontianak Iptu Wendi Sulistiono mengatakan, jajarannya langsung bergerak begitu mendapat informasi akan ada pengiriman burung dilindungi.

Polisi bersama tim dari Balai Karantina Kelas I Pontianak dan BKSDA Kalbar melakukan penyisiran di kawasan Pelabuhan Dwikora Pontianak.

“Kami berhasil mengamankan 110 ekor burung siap dikirim ke Jawa melalui angkutan laut,” kata Iptu Wendi Sulistiono, di Pontianak, Senin. Menurut Wendi, pelaku memasukkan burung-burung tersebut ke dalam kardus.

Guna mengelabui petugas, kardus berisi burung dimasukkan lagi ke dalam keranjang buah dan angkut menggunakan truk jenis fuso dengan tujuan Pulau Jawa melalui transportasi laut.

Ratusan burung itu terdiri dari burung kapas tembak satu ekor, burung kacer 102 ekor, burung cucak hijau empat ekor, dan burung lovebird dua ekor.

Satwa itu dilindungi sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 106 Tahun 2018.

“Untuk pemilik truk fuso, sopir dan lainnya masih sedang kami dalami, karena hingga kini belum diketahui pemiliknya,” jelas Wendi.

Koordinator Pengawasan Penindakan Balai Karantina Kelas I Pontianak Joko Supriatno mengatakan pengiriman burung-burung itu dilakukan secara ilegal, karena tanpa melampirkan dokumen dari pihak Balai Karantina Kelas I Pontianak dan BKSDA Kalbar.

“Karena pengiriman satwa dilindungi atau burung itu tanpa dilengkapi dokumen, maka dilakukan penyitaan dan selanjutnya akan dilepaskan ke habitat aslinya oleh BKSDA Kalbar,” kata Joko.

Sementara untuk proses hukum dan langkah selanjutnya diserahkan kepada pihak Polsek Kawasan Pelabuhan Dwikora Pontianak.(antara/jpnn)

 

Sumber/Foto : https://www.jpnn.com/tim-gabungan-gagalkan-penyelundupan-ratusan-ekor-burung-dilindungi/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Microsoft Masih Tutup Komentar IG soal Netizen RI Tak Sopan

Akun Instagram Microsoft belum membuka kolom komentarnya setelah diserang akun netizen dari Indonesia. Aksi netizen Indonesia ini usai Microsoft merilis riset netizen Indonesia paling tidak...

Cara Klaim Token Listrik Gratis Maret 2021

PT PLN (Persero) masih memberikan token gratis dan diskon listrik pada Maret 2021. Masyarakat yang memiliki daya 450 Volt Ampere (VA) dapat mengakses token...

Kampung Tangguh Ciptakan Kemandirian Warga di Tengah Pandemi

PONTIANAK - Keberadaan Kampung Tangguh dinilai mampu menciptakan kemandirian masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Di Kota Pontianak, Kampung Tangguh terus berkembang dengan dicanangkannya 'Kampung...

Pemkot Pontianak Segel Lahan yang Terbakar

PONTIANAK - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menyegel lima lokasi lahan yang terbakar. Bentangan spanduk yang bertuliskan 'Lokasi Ini Dalam Pengawasan' terpasang di depan lahan...

Recent Comments