Vaksinasi Covid Kurangi Risiko Sakit Berat dan Turunkan Tingkat Kematian, Ini Datanya!

Vaksinasi
Ilustrasi Vaksinasi Covid-19. Foto: CNN Indonesia.

Satgas Covid-19 Indonesia melaporkan bahwa vaksinasi Covid-19 dapat mengurangi risiko sakit berat dan menurunkan angka kematian. Hal ini diketahui dari rilis yang diterbitkan oleh situs resmi penanganan dan penanggulangan Covid-19 Indonesia, covid19.go.id, Kamis (12/8/2021).

Dalam rilis tersebut disampaikan bahwa Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah menunjukkan tingkat kematian yang sangat rendah bagi orang yang telah divaksin Covid-19.

“Dari 4,2 juta orang yang sudah divaksin dan ber-KTP DKI Jakarta, tercatat 0,013% yang meninggal sesudah terpapar COVID, atau kira-kira 13 per 100 ribu penduduk. Menunjukkan pelindungan nyari 100% dari risiko kematian,” tulis covid19.go.id (12/8).

Dipaparkan juga bahwa pasien yang sudah menerima dosis vaksin lengkap mampu terlindungi risiko dari kematian hingga 73% dibandingkan yang belum mendapatkan vaksin.

“Pasien COVID-19 yang tidak divaksin memiliki tingkat kesembuhan 84,5%, sedangkan yang sudah mendapatkan dosis pertama tingkat kesembuhannya naik hingga 90,2%, dan 95,9% untuk yang sudah mendapatkan dosis lengkap,” ulas Covid19.go.id

Berdasarkan fakta dan data itu, vaksin terbukti ampuh dan mampu memberikan perlindungan dari Covid-19. Vaksinasi Covid-19 mampu mengurangi risiko sakit berat dan kematian.

Exit mobile version