News  

Wako Edi Kamtono Minta Pemerintah Pusat Dropping Vaksin ke Pontianak

Foto: Prokopim Pemkot Pontianak

Pontianak – Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meminta pemerintah pusat untuk segera mendropping vaksin ke Pontianak. Hal ini diutarakan Edi saat ia membuka pelaksanaan vaksinasi massal dosis kedua yang digelar Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Pontianak di Lapangan Basket GOR Perbasi, Jumat (13/8/2021).

Dalam kesempatan itu, Edi mengatakan ketersediaan stok vaksin Covid-19 di Kota Pontianak saat ini sudah tak banyak lagi.

Meski program vaksinasi terus bergulir, stok vaksin yang terbatas itu membuat pelaksanaan vaksinasi terhambat dan bergerak lamban. Data dari Dinas Kesehatan Kota Pontianak menunjukkan bahwa capaian vaksinasi dosis pertama sebanyak 154.295 orang. Sementara itu, vaksinasi dosis kedua baru 91.113 orang.

Merujuk dari data itu, ada selisih jumlah antara vaksin dosis pertama dengan dosis kedua yang terpaut jauh.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menjelaskan bahwa kendala pelaksanaan program vaksinasi hingga sejauh ini adalah ketersediaan stok vaksin yang terbatas dari pusat. Terkait kendala itu, Edi berharap pemerintah pusat terus mendropping vaksin ke daerah agar pelaksanaan vaksinasinya dapat merata dan sesuai target.

“Mudah-mudahan dropping vaksin dari pemerintah pusat lancar sehingga kita lebih cepat dan banyak untuk mencapai vaksinasi Covid-19,” ujarnya.

Kemudian, Edi juga memaklumi ketersediaan vaksin dari pusat lantaran tergantung dari pasokan impor vaksin. Ia yakin ke depan vaksin bakal tersedia banyak dengan semakin banyaknya vaksin yang diproduksi oleh produsen penyedia vaksin. 

“Sehingga kebutuhan stok vaksin di daerah kita bisa terpenuhi dan capaian vaksinasi semakin meningkat,” tutup Edi.

(Prokopim Pemkot Pontianak)

Exit mobile version