Internasional News

Ngeri, Kerusuhan di Penjara Ekuador Sebabkan 44 Napi Tewas dan 108 Lainnya Kabur

Berita Internasional, PONTIANAK INFORMASI – Sebanyak 44 narapidana tewas dan 108 lainnya kabur dalam kerusuhan yang terjadi di penjara Ekuador pada Senin (9/5/2022).

Seperti dilansir dari CNN Indonesia (10/5), pihak berwenang menerangkan bahwa perkelahian terjadi antara geng Los Lobos dan musuhnya R7 di dalam penjara Bellavista, Santo Domingo de los Colorados. Perkelahian tersebut menyebabkan kerusuhan dan puluhan tahanan mencoba kabur.

Menurut keterangan kepala kepolisian, Fausto Salinas, 108 narapidana hilang setelah peristiwa tersebut, 112 lainnya berhasil kembali ditangkap. Sementara menurut pihak berwenang penjara negara Amerika Selatan (SNAI), mereka telah mengaktifkan protokol untuk mengatasi masalah tersebut.

Dampak dari kerusuhan itu, enam pemimpin geng dibawa pergi dari penjara Bellavista ke dua penjara lain yang tingkat keamanannya tinggi.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Ekuador, Patricio Carrillo, mengklaim bahwa pihak berwenang berhasil mengendalikan situasi dan seluruh tahanan berhasil ditangkap kembali.
Kemudian AFP melaporkan, tahanan dengan luka wajah dibawa dengan truk dan ambulans ke fasilitas medis. Beberapa anggota keluarga napi tampak berkumpul di penjara untuk mencari informasi.

Kerusuhan serupa di penjara Ekuador nuga pernah terjadi pada Februari 2021 lalu, setidaknya 350 tahanan terbunuh dalam lima kasus kerusuhan pada bulan tersebut. Bulan April 2022 lalu, 20 narapidana terbunuh kala kerusuhan pecah di penjara El Turi, Cuenca, Ekuador.

Sebagai informasi, ternyata kerusuhan di penjara Ekuador bukanlah hal yang asing. Sebab Ekuador merupakan titik penghubung ekspor narkoba dari negara produsen kokain terbesar, Kolombia dan Peru, ke Amerika Serikat dan Eropa. Geng narkoba sering berkelahi memperebutkan rute perdagangannya. (yd)