Lokal News

DPRD Apresiasi Peningkatan Fasilitas Penyakit Jantung RSUD Soedarso

RSUD Soedarso
Alat medis canggih di RSUD dr Soedarso. (Foto: Dok. PIFA/Rino Putradi)

PONTIANAK INFORMASI, LOKAL – Fasilitas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedarso kini makin canggih dan lengkap. Salah satunya keberadaan Cathlab Jantung layanan kateterisasi dan radiotherapy.

Layanan pengobatan dan operasi jantung tersebut, mempermudah masyarakat Kalbar untuk memeriksakan penyakitnya sehingga tak perlu lagi pergi ke rumah sKit luar.

Peningkatan fasilitas pengobatan di Soedarso tersebut, diapresiasi oleh Wakil Ketua DPRD Kalbar, Prabasa Anantatur. Dia menyambut optimis atas peningkatan layanan kesehatan itu.

“Fasilitas itu diharapkan dapat bermanfaat dan mempermudah pasien yang membutuhkan,” katanya, belum lama ini.

Selama ini, terang Prabasa masyarakat yang memiliki keluhan sakit di dada mesti pergi ke rumah sakit luar daerah untuk memastikan penyakitnya tersebut. Namun sekarang telah tersedia di Kalbar.

“Memastikan adanya sumbatan atau penyempitan pembuluh darah di jantung harus pergi sampai ke negara tetangga. Kini sudah tidak lagi,” ujarnya.

Di sisi lain, Prabasa juga menaruh harapan yang besar atas peningkatan fasilitas kesehatan berupa cathlab ini. Sebab selain untuk penyakit jantung, juga bisa dimanfaatkan penyakit lain.

“Alat dan tim medis tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh bidang kesehatan lain misalnya radiologi intervensi, bedah syaraf, tulang dan lainnya,” pungkasnya.

Terkait pelayanan penyakit jantung, sebelumnya pada 25 November 2022, operasi jantung terbuka pertama di RSUD dr Soedarso berhasil dilakukan oleh tim dokter rumah sakit tersebut.

Pasien bernama R Hutapea yang menjalani operasi pada 25 November dinyatakan sembuh. Pasien tersebut diperbolehkan pulang oleh perwakilan tim dokter dr Alvin Arianto Sani, Sp BTKV dan dr Gusti Ayu Temi Vidianti, Sp Jp, Rabu (30/11/2022).

“Operasi berjalan lancar sesuai yang diharapkan dan pasien hari ini sudah bisa pulang,” kata dr Alvin. 

Sementara itu dr Temi mengatakan, setelah diperbolehkan pulang pasien tersebut dijadwalkan untuk kontrol kembali. Secara umum kondisinya seperti yang diharapkan.