Lokal News

Edi Kamtono Targetkan Pontianak Juara Umum Porprov XIII Kalbar

PONTIANAK INFORMASI, LOKAL – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII Tahun 2022 Kalimantan Barat (Kalbar) telah bergulir. Perhelatan olahraga ini diikuti oleh kontingen dari 14 kabupaten/kota se-Kalbar. Kontingen Kota Pontianak selaku tuan rumah penyelenggaraan mengikutsertakan 759 atlet dari 42 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan pada Porprov XIII Kalbar.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, para atlet Kontingen Kota Pontianak yang berlaga pada Porprov Kalbar ini sebelumnya telah ditempa dan dilatih dengan ketat untuk menghadapi pertandingan yang akan diikuti pada tiap-tiap cabor.

“Seluruh atlet pada semua cabor telah dilatih dan dibina untuk mematangkan persiapan. Target kita adalah juara umum,” ujarnya usai menghadiri opening ceremony yang dibuka oleh Gubernur Kalbar Sutarmidji di Stadion Sultan Syarif Abdurrahman (SSA), Sabtu (19/11/2022).

Rasa optimistis ditanamkannya pada seluruh atlet yang tergabung dalam Kontingen Kota Pontianak. Ia yakin apabila para atlet bisa unggul di semua cabor, maka peluang menjadi juara umum kian terbuka. Tak hanya target juara umum, kompetisi ini juga bertujuan memacu semangat para atlet maupun penggiat olahraga untuk berlomba-lomba meningkatkan prestasinya di seluruh cabor.

“Semakin sering atlet mengikuti kompetisi atau pertandingan, semakin terlatih dan teruji kemampuannya,” kata Edi.

Selama Porprov XIII berlangsung, ia mengingatkan pada atlet Kota Pontianak untuk senantiasa menjunjung tinggi sportivitas, disiplin dan memegang nilai-nilai sopan santun selama bertanding.

“Saya berharap atlet menjunjung tinggi kejujuran dan sportivitas karena selaku tuan rumah, atlet harus menjaga nama baik daerah khususnya Kota Pontianak. Sukses prestasi dimaksimalkan, sukses tuan rumah ditunjukkan,” pesannya.

Ketua KONI Kota Pontianak, Nanang Setia Budi menjelaskan persiapan penting yang dimaksimalkan telah dilakukan pihaknya, di antaranya adalah persiapan atlet, termasuk pemusatan latihan atau training center (TC).

“KONI Kota Pontianak juga melakukan persiapan teknis lainnya di antaranya menyiapkan sarana, prasarana, dan perlengkapan untuk kontingen dalam rangka mewujudkan misi mempertahankan gelar juara umum,” imbuhnya.

Nanang menyebut, pihaknya terus melakukan koordinasi bersama pihak terkait. Sehingga target juara umum bisa dicapai atas dukungan berbagai elemen masyarakat.

“Kami juga menggelar koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak, terutama adalah Disporapar Kota Pontianak sebagai pembina olahraga,” tutupnya. (RS)