Lokal, News  

Karnaval Air, Napak Tilas Sejarah Berdirinya Pontianak

PONTIANAK INFORMASI, PONTIANAK – Berbagai agenda mengisi puncak peringatan Hari Jadi ke-251 Kota Pontianak. Setelah gelaran upacara dan berjepin massal, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono bersama Sultan Pontianak Syarif Machmud Melvin Alkadrie menuju Masjid Jami untuk memulai napak tilas menyusuri Sungai Kapuas menuju Makam Kesultanan di Batu Layang. Puluhan kapal dan sampan dengan hiasan ornamen khas Melayu Pontianak turut serta dalam Karnaval Air, Minggu (23/10/2022).

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, napak tilas dengan karnaval air ini menjadi bagian dari peringatan Hari Jadi Kota Pontianak. Agenda ini rutin digelar untuk memperingati sejarah berdirinya Kota Pontianak. 

“Kita harapkan kegiatan ini bisa memberikan aura positif untuk kota Pontianak dan selalu diberkahi serta diridhoi Allah, SWT,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan budaya dan ekonomi kreatif ini diharapkan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Selain itu, memberikan multiplier effect pada peningkatan semangat bagi UMKM untuk terus berkembang. Terlebih pada November mendatang, Kota Pontianak akan menjadi tuan rumah Festival Adat Budaya Nusantara. Agenda itu tentunya harus didukung agar lebih semarak.

“Diharapkan kolaborasi ini tetap tercipta dengan baik dalam mewujudkan Pontianak Kuat, Pontianak Hebat,” kata Edi.

Sultan Pontianak Syarif Machmud Melvin Alkadrie menuturkan, karnaval air ini digelar sekaligus berziarah ke Makam Batu Layang untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan terdahulu, khususnya pendiri Kota Pontianak, Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie beserta keluarganya.

“Semoga di usia 251 tahun atau dua setengah abad ini, Kota Pontianak semakin maju pembangunannya dan masyarakatnya sejahtera,” ucapnya. (RS)