Lokal News

Penggemar Kopi, Wali Kota Pontianak Kembangkan Kopi Liberica Bahkan Punya Brand “Kopi Bang Edi”

Kopi Bang Edi
Foto: Prokopim Pemkot Pontianak

Berita Pontianak, PONTIANAK INFORMASI – Menjadi penggemar kopi, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengaku sedang kembangkan kopi jenis liberica.

“Saya sekarang sedang mengembangkan kopi jenis liberica. Jumlahnya sekitar 1.200 pohon kopi liberica yang saya tanam,” terangnya saat membuka workshop bagi calon barista yang digelar oleh PT Sinergi Kukerja Indonesia di Gedung UMKM Center, Jumat (10/12/2021).

Dalam kesempatan itu, Edi juga mengaku sangat mengapresiasi digelarnya workshop barista yang diikuti anak-anak muda ini sehingga mampu mencetak barista-barista berkualitas dan profesional.

“Saya khusus datang kesini karena saya penggemar kopi dan saya juga senang bereksperimen meracik kopi,” ujarnya.

Edi bercerita bagaimana awal dirinya melakukan eksperimen dalam meracik kopi 10 tahun lalu.

Ia memulai eksperimen dengan membeli mesin roasting dan membuat kopi khas Kalimantan Barat.

Biji kopi didatangkannya dari berbagai daerah di Kalbar seperti dari Rasau, Sambas, Kayong Utara dan Mempawah.

Biji kopi olahannya dinamai dengan brand ‘Kopi Bang Edi’, dimana semua jenis kopi, robusta dan liberica menjadi kesukaannya.

Kepada para peserta workshop barista, ia berpesan agar mereka memanfaatkan peluang ini untuk menciptakan lapangan kerja baru. Untuk itu, para peserta diharapkan menekuni pelatihan ini, terutama dalam meracik kopi menggunakan mesin, mulai dari biji kopi hingga menghasilkan minuman kopi.

“Adik-adik datang ke sini pasti punya motivasi ingin memahami bagaimana menekuni profesi barista dalam meracik kopi,” ucap Edi.

Adanya pelatihan bagi calon barista ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan kafe-kafe terhadap tenaga barista.

“Mereka bisa berkreasi menciptakan minuman khas yang berbahan dasar kopi, baik dengan mesin maupun secara tradisional,” pungkasnya.