Nasional News

Presiden Jokowi Perintahkan Kemlu Bantu Maksimal Kepulangan Jenazah Eril Anak Ridwan Kamil ke RI

Foto: BPMI Setpres

Berita Nasional, PONTIANAK INFORMASI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) untuk membantu maksimal proses kepulangan jenazah anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, dari Swiss ke Indonesia. Eril yang hilang sejak 26 Mei 2022 ditemukan di Bendungan Engelhalde, Bern, Rabu (8/6).

“Saya sudah perintahkan kepada Kementerian Luar Negeri, kepada Dubes untuk secara maksimal membantu kepulangan jenazah dari Swiss ke Indonesia,” kata Jokowi di Rumpin, Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/6), dikutip dari CNNIndonesia.com.

Presiden Jokowi berharap pemulangan segera terlaksana.

“Kita harapkan Insya Allah bisa segera terlaksana pemulangan jenazahnya,” tambah dia.

Jokowi juga turut bersyukur jasad Eril ditemukan. Kepala Negara juga telah menyampaikan dukacita secara langsung kepada Ridwan Kamil.

“Saya sudah dua hari yang lalu sudah berkomunikasi dengan Pak Ridwan Kamil untuk menyampaikan dukacita yang mendalam, tapi Alhamdullilah sudah ditemukan,” imbuh Jokowi.

Berdasarkan keterangan Ridwan Kamil melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, jenazah Eril rencananya akan tiba di Indonesia pada Minggu (12/6) dan akan dimakamkan pada Senin (13/6).

Sebelumnya, pada Kamis (9/6) kemarin, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan Kemlu akan terus membantu Ridwan Kamil untuk memfasilitasi kepulangan jenazah Eril ke Indonesia. 

Kronologi Hilangnya Eril

Putra sulung Gubernur Jawa Barat, Eril dikabarkan hanyut di sungai Aare di Swiss, pada Rabu (26/5/2022) waktu Swiss. Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman. 

“Bahwa benar anak pertama kakak kami, Ridwan Kamil, yang bernama Emmeril Khan Mumtadz atau biasa dipanggil Eril mengalami musibah di Bern, Swiss pada 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss. Keluarga saat itu sedang berada di Swiss untuk mencari sekolah untuk Eril yang akan melanjutkan ke jenjang S2,” ujar Elpi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/5). 

Adapun kronologisnya, Eril berenang di sungai Aaree, Bern bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya. 

Elpi mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah. (yd)