News

Bangun Karakter Wirausaha, FMIPA Untan Gelar Seminar Kewirausahaan Berbasis Digitalisasi dan Teknologi

Pontianak – Dalam rangka peningkatan karakter wirausaha mahasiswa, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura (FMIPA Untan) menggelar seminar kewirausahaan. Kegiatan yang bertajuk “Membangun Karakter Wirausaha Saintis Muda FMIPA Berbasis Digitalisasi dan Teknologi” berlangsung di Aula Teater 1 Gedung Konferensi Untan, Jumat (5/11/2021).

Seminar Kewirausahaan dibuka langsung oleh Dekan FMIPA Untan, Doktor Gusrizal. Pada kesempatan itu, Gusrizal mengatakan bahwa tujuan digelarnya seminar ialah untuk membangun karakter wirausaha mahasiswa agar mendapatkan bekal dan keterampilan serta pengetahuan dalam membuat rencana bisnis.

“Kegiatan ini pada prinsipnya adalah untuk membangun karakter wirausaha mahasiswa. Kegiatan ini juga bertujuan agar mahasiswa punya pengalaman, terpapar oleh apa itu wirausaha,” pungkasnya.

Melalui kegiatan seminar ini, lanjutnya, mental berwirausaha mahasiswa di lingkungan Fakultas MIPA Untan terbentuk. Dia juga berharap, pihak jurusan ataupun program studi dapat mendorong mahasiswa untuk aktif dan kontributif mengikuti agenda kewirausahaan yang berlangsung hingga November 2021.

“Kepada Bapak Ibu jurusan dan program studi, kami berharap dapat mendorong mahasiswa mengikuti kegiatan kewirausahaan ini,” ucapnya.

Mengutip dari proposal kewirausahaan yang disusun oleh FMIPA Untan, rangkaian kegiatan yang diagendakan untuk membangun karakter wirausaha mahasiswa tahun 2021 di antaranya seminar kewirausahaan (5/11), Coaching Clinic pembuatan Business Plan (6/11), dan perlombaan ide bisnis dalam bentuk pembuatan dokumen Business Plan (7-25/11/2021).

Lebih lanjut, Ketua Pelaksana Ikhwan Ruslianto, menjelaskan, pendampingan kewirausahaan yang diadakan merupakan bagian dari perwujudan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

“Pendampingan wirausaha merupakan bagian dari Program Kemendikbud untuk memperkuat ekonomi nasional dan mendukung realisasi Revolusi Industri 4.0,” jelas Ikhwan.

Menurutnya, kegiatan merupakan terobosan besar Fakultas MIPA untuk bagaimana menyambut baik program Kemendikbud.

Ketua Jurusan Rekayasa Sistem Komputer FMIPA Untan itu berharap, mahasiswa dapat berkolaborasi lintas jurusan untuk berkontribusi aktif mengikuti pendampingan kewirausahaan,

“Kami berharap mahasiswa FMIPA Untan banyak yang terlibat dalam kegiatan kewirausahaan. tak hanya untuk satu atau dua jurusan saja, tapi dari semua jurusan bisa memberikan kontribusi karena ini merupakan program yang berkelanjutan,” cetusnya.

Di akhir sambutan, Ikhwan berharap ekosistem kewirausahaan di FMIPA Untan dapat terwujud lewat penyelenggaraan seminar dan pendampingan wirausaha.

“Semoga kegiatan ini bisa memberikan dampak positif dan manfaat yang seluas-luasnya, khususnya untuk mahasiswa Fakultas MIPA, sehingga nantinya dapat terwujud ekosistem kewirausahaan yang berbasis digitalisasi dan teknologi di lingkungan Fakultas MIPA Untan,” tutupnya.

Adapun materi yang dipaparkan pada kegiatan seminar kewirausahaan adalah “Entrepreneurial Mindset” oleh Doktor Gusrizal dan “Memulai Usaha Rintisan” oleh Founder PIFA Media Netwirk Uray Tiar Fahrozi. Di sesi siang materi seminar disampaikan oleh M. Qadhafy dengan tajuk Mental Berwirausaha.

Satu di antara peserta, Ramdhan berkesan, acara seminar sangat interaktif dan bermanfaat lantaran mengupas pengetahuan wirausaha yang tak dipelajari di bangku kuliahnya. Mahasiswa Program Studi (Prodi) Sistem Informasi angkatan 2019 ini rencananya akan mengikutsertakan idenya yang sebelumnya dijadikan project di kegiatan prodinya, yakni Pentrol (Parenting Control).

Ramdhan berharap, lewat kegiatan ini ia dan timnya bisa mendapatkan wawasan terkait manajemen bisnis dan marketingnya, serta strategi lainnya yang dapat diterapkan pada ide bisnisnya.

Tags