Ganda Puteri Sabet Emas Pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Greysia Polii dan Apriyani Raih Emas Olimpiade Tokyo 2020, Foto: REUTERS/Hamad I Mohammed)

Kabar membanggakan datang dari cabang olahraga (cabor) bulutangkis, Ganda puteri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil mendapatkan medali emas di Olimpiade Tokyo 2020. Berkat capaian tersebut, Greysia/Apriyani mencetak sejarah sebagai ganda puteri pertama Indonesia peraih medali emas di Olimpiade hingga sejauh ini.

Greysia/Apriyani memastikan emas mereka setelah mengalahkan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan 21-19 dan 21-15 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Senin (2/8/2021).

Greysia/Apriyani menjadi pasangan ganda puteri pertama Indonesia yang berhasil menyabet medali emas di ajang Olimpiade.

Melihat dari Olimpiade sebelumnya, rantai emas Indonesia di cabor bulutangkis kembali berlanjut. Indonesia sempat kehilangan emas pada Olimpiade 2012. Namun, dalam gelaran Olimpiade tahun berikutnya yang diselenggarakan di Rio de Janeiro, Brasil tahun 2016, pasangan ganda campuran Indonesia kembali menjaga asa emas itu.

Emas Greysia/Apriyani memastikan bahwa Indonesia pernah memenangkan semua nomor di bulutangkis Olimpiade, di antaranya tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Melansir dari cuitan akun Twitter @BadmintonTalk, berikut daftar emas Indonesia di cabor bulutangkis Olimpiade.

Prestasi yang membanggakan itu disambut baik oleh Presiden Jokowi. Melalui akun twitternya, Jokowi menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih atas keberhasilan Geysia/Apriyani. Baginya, kemenangan pasangan ganda puteri Indonesiatersebut adalah kado ulang tahun kemerdekaan Indonesia tahun ini.

“Kemenangan ini menjadi kado ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Selamat dan terima kasih Greysia/Apriyani!” tulis Presiden Jokowi.