Lokal, News  

Hasil Rakorda BEM-Nusantara Kalbar 2021, Salah Satunya: Siap Bantu Tekan Penularan Corona

Foto: Dok. Panitia Rakorda.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara Wilayah Kalbar gelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) tahun2021. Salah satu hasilnya adalah mereka yang tergabung dalam forum tersebut siap berpartisipasi untuk membantu menekan penularan Covid-19 di Kalimantan Barat.

Dalam kegiatan tersebut diselenggarakan juga Focus Group Discussion (FGD) yang mengusung tema “Evaluasi penerapan PPKM Darurat dan Program Vaksinasi di Wilayah Kalbar tahun 2021”.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh, di antaranya Ketua komite IV DPD RI Sukiryanto, Kepala Dinas Kesehatan Pontianak, Handanu, Ketua FPTKI Kalbar sekaligus Rektor IAIN Pontianak, Syarif yang diikuti okeh perwakilan mahasiswa dari Kampus yang ada di Kota Pontianak.

Mengutip dari rilis yang dikirim pihak penyelenggara, Rakorda BEM-Nusantara Kalbar Tahun 2021 merupakan agenda kegiatan tahunan dalam rangka mendukung dan memberikan sumbangsih berupa pemikiran, ide, gagasan, dsb terhadap berbagai bentuk persoalan bangsa Indonesia.

Dipimpin Ketua BEM-Nusantara Kalbar Khairul Tamam, kegiatan yang juga dihadiri seluruh perwakilan BEM-Nusantara Se-Kalbar, itu berlangsung di Hotel Ibis Pontianak. Rakorda dilaksanakan pada 7 Agustus 2021.

“Kami mendukung segala bentuk kebijakan pemerintah pusat maupun provinsi sampai pada tataran kabupaten kota di Kalbar dalam rangka percepatan pengendalian covid-19,” pungkas Tamam pada media.

Adapun hasil Rakorda tersebut di antaranya:

  1. Mengawal dan memberikan sumbangsih pemikiran dalam kepemimpinan Ir. H. Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.
  2. Pola gerakan BEM-Nusantara Kalbar terpolarisasi berdasarkan perhitungan dan pertimbangan serta berprinsip check and balance dengan mengutamakan Diskusi/Audiensi.
  3. BEM-Nusantara Kalbar siap melakukan dialog bersama dengan pihak legislatif, yudikatif dan
    eksekutif.
  4. BEM-Nusantara Kalbar siap berpartisipasi dalam menekan Covid-19 di Kalbar.

Kegiatan yang berlangsung dengan protokol Covid-19 itu selesai sekitar pukul 17.05 WIB dengan menerapkan Protokol Covid-19. Situasi aman dan kondusif, seperti tertulis dalam rilisnya.

Salah satu target organisasi kemahasiswa itu sekarang adalah membentuk kepengurusan BEM-Nusantara disetiap Kab/Kota se Kalbar. Saat ini baru terbentuk di Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Mempawah, Kota Singkawang, Bengkayang, Sintang, Ketapang, dan Kapuas Hulu.

Dalam kesempatan itu, Tamam juga mengimbau dan mengajak seluruh lapisan masyarakat terkhususnya mahasiswa di Kalbar untuk bahu membahu bantu pemerintah tangani pandemi.

“Kami mengimbau dan mengajak seluruh komponen masyarakat khususnya mahasiswa yang ada di Kalbar bahwa pandemi Covid-19 bukanlah tanggung jawab pemerintah saja, melainkan kita bersama,” tegasnya.

Disebutkan juga bahwa hasil lengkap Rakorda resminya akan disampaikan secara tertulis kepada Gubernur Kalbar dan DPRD Kalbar sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 di wilayah Kalbar.

Exit mobile version