Perusahaan kosmetik terbesar di Thailand, Smooth E, meminta maaf kepada BLACKPINK dan fans (BLINK) atas kontroversi iklan promosinya yang berisikan cuit kebencian terhadap Jennie. Dalam permintaan maafnya, mereka mengatakan akan lebih berhati-hati lagi di masa mendatang terkait praktik kerjanya.
“Kami telah membuat kesalahan terkait iklan (untuk Smooth E) di Twitter pada 12 Juli 2021. Kami langsung menghentikan kampanye itu. Kami ingin meminta maaf atas kesalahan yang dibuat kepada Jennie dan penggemar dan kami akan berusaha untuk lebih berhati-hati dengan praktik kerja kami di masa mendatang” tulis Smooth E Thailand.
Permasalahan yang mengundang kontroversi itu bermula ketika cuitan @homrada muncul di lini masa sebagai cuitan yang dipromosikan Smooth E. Dalam cuitan itu @homrada mengutarakan kekecewaannya terhadap Jennie dan menilai penyanyi sekaligus rapper cantik itu tidak cocok berada dalam BLACKPINK. Ironisnya, cuitan tersebut juga menggunakan tagar yang kerap digunakan oleh anti-fans Jennie.
“Para penggemar langsung mengkritik keras hal tersebut. Mereka menyatakan cuitan itu telah ada sejak 2018 dan merasa janggal apabila Smooth E keliru mempromosikan cuitan yang ada dari tiga tahun lalu sebab memerlukan proses panjang untuk mempromosikan sebuah cuitan, mengutip dari CNN Indonesia (14/7/2021).
Terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan oleh Smooth E. Mulai dari memilih cuitan, memilih opsi untuk mempromosikan cuitan itu, memilih negara dan zona waktu, menyiapkan informasi diri, memasukkan informasi pembayaran, hingga proses lainnya.
Berangkat dari kontroversi itu, BLINK pun meramaikan tagar #ApologizetoJennie beberapa waktu lalu. Mereka mendesak Smooth E untuk meminta maaf kepada Jennie dan BLINK. Smooth E akhirnya meminta maaf dan mengatakan itu sebuah kesalahan.