Lokal, News  

Pontianak Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka Pekan Depan, Wako Edi: Mulai Bertahap

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Foto Prokopim Pemkot Pontianak

Pontianak – Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamton mengatakan bahwa Pontianak sudah siap untuk memulai kembali Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas di sekolah. Kegiatan PTM akan dimulai secara bertahap mulai pekan depan, Rabu 18 Agustus 2021.

Merujuk dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 32 tahun 2021 tentang PPKM Level 3, Level 2 dan Level 1, wilayah dengan kriteria Level 3 sudah bisa melaksanakan PTM secara terbatas.

“Dalam pelaksanaan nantinya dilakukan secara bertahap. Kita sudah melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah secara terbatas,” paparnya, Kamis (12/8/2021).

Prioritas pelaksanaannya adalah untuk tingkat SD kelas VI dan SMP kelas IX dengan maksimal 50 persen atau setengah dari kapasitas ruang belajar sekolah.

“Nanti akan kita atur lagi bagaimana cara yang paling efektif dalam pelaksanaan PTM,” tambahnya.

Di samping itu, priortas utama yang harus diperhatikan dalam kegiatan PTM nantianya adalah keselamatan anak-anak didik dan guru.

Hingga hari ini (12/8), hampir sebagian besar guru di Kota Pontianak telah disuntik vaksin Covid-19. Namun, ada juga sebagian yang belum divaksin karena kendala kesehatannya. 

“Untuk cakupan vaksin bagi guru di Kota Pontianak sudah mendekati 100 persen, namun ada beberapa yang terkendala karena penyakit yang dideritanya,” ungkap Edi.

Edi menegaskan kegiatan PTM sudah siap karena beberapa waktu lalu juga sudah pernah melakukan uji coba pembelajaran tatap muka. Selain itu infrastruktur, sarana dan prasarana penerapan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, pengukuran suhu tubuh dan pengaturan kursi yang berjarak di sekolah juga telah dipersiapkan. 

(Prokopim Pemkot Pontianak)