Lokal, News  

Tinjau Banjir, Gubernur Kalbar Minta Pemkab Sintang Tambah Dapur Umum

Foto: Tribun Pontianak

Sintang – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji meninjau langsung kondisi banjir di Kabupaten Sintang bersama Forkopimda Sintang. Pada kesempatan itu, Gubernur Sutarmidji meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang agar menambah kapasitas dapur umur yang belum tercukupi untuk pemenuhan makanan siap saji masyarakat yang terdampak banjir.

“Saya minta dapur umum diperbanyak, supaya makanan siap saji bisa diperbanyak. Kan kalau rumah orang terendam, artinya mereka tidak masak. Atau misalnya mereka mengungsi di rumah keluarganya, tentu mereka tidak mau membebani keluarganya juga,” katanya, mengutip dari tayangan berita KompasTV.

Permintaannya itu juga disampaikan untuk wilayah lainnya di Kalbar yang terdampak banjir. Hingga saat ini, setidaknya ada 5 daerah di wilayah hulu Kalbar yang banjir di antaranya Kabupaten Sintang, Kapuas Hulu, Melawi, Sekadau, dan Kabupaten Sanggau.

“Intinya saya tak mau dengar masyarakat ngeluh karena tidak ada sembako atau pangan, minimal beras. Semuanya harus disiapkan, kalau 100 ton beras bantuan Pemprov tidak cukup, segera informasikan lagi ke kita,” tegas dia.

Selain meninjau Gubernur Kalbar juga menyerahkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalbar berupa bantuan makanan di kawasan Kelurahan Alai, Kecamatan Sintang. Gubernur juga menambah bantuan beras sebanyak 85 ton, sekaligus memberikan bantuan obat-obatan.

Kemudian, Sutarmidji juga memberi arahan penanganan banjir, termasuk meminta penambahan dapur umum agar dapat lebih banyak mendistribusikan bantuan makanan siap saji.

Menanggapi permintaah Bapak Gubernur, Pelaksana Harian Bupati Sintang mengatakan, pihaknya akan segera menambah jumlah dapur umum dari yang sebelumnya hanya sebanyak empat titik.

Gubernur Kalimantan Barat juga meminta pemerintah Kabupaten Sintang terus berkoordinasi dengan Pemprov Kalbar terkait kebutuhan warga. Di akhir keterangan persnya, Gubernur Sutarmidji memastikan akan terus menambah bantuan jika diperlukan sehingga warga yang terdampak banjir tidak kekurangan.

Exit mobile version
https://coyotebluesvillage.com/ https://monvalleyvistas.com/ https://simwas.inspektorat.lumajangkab.go.id/records/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/deposit/pulsa/tanpa/potongan/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/slot/pulsa/5000/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/slot/gacor/hari/ini/ https://shop.smkplusmelati.sch.id/main/slot/thailand/