Lokal News

Tinjau Tanggul di Sintang, Jokowi Berharap Bisa Jadi Solusi Jangka Pendek Penanggulangan Banjir

Foto: Instagram @jokowi

Berita Sintang, PONTIANAK INFORMASI – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau tanggul dari geotube yang dibangun di Kelurahan Ladang, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan barat (Kalbar), Rabu (8/12/2021).

Beliau mengatakan, pembangunan tanggul ini adalah solusi jangka pendek untuk mengendalikan banjir di Kabupaten Sintang.

“Pemerintah juga akan melakukan sejumlah upaya antara lain penanaman kembali di Daerah Aliran Sungai maupun daerah tangkapan hujan di sekitar Sungai Kapuas dan Sungai Melawi” terangnya.

Selain itu, dalam jangka menengah, Jokowi menyebut bahwa pemerintah melalui Kementerian PUPR akan melakukan pengerukan danau dan penataan sistem pengaliran di Sungai Kapuas hingga menyusun rencana besar pengendalian banjir di wilayah Sungai Kapuas.

“Adapun dalam jangka panjang, pemerintah akan membangun Bendungan Sungai Pinoh dan melakukan pemeliharaan berkala sungai dan danau di wilayah Sungai Kapuas” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, kedatangan rombongan orang nomor satu di Indonesia itu untuk melakukan sejumlah agenda di Sintang.

Diantaranya, meresmikan Bandar Udara Tebelian, meninjau pembangunan tanggul pengendali banjir, menyerahkan bantuan sosial kepada warga terdampak banjir, lalu menanam pohon bersama masyarakat di satu kawasan Daerah Aliran Sungai.