News

Titik Terang Duplikasi Jembatan Kapuas I: Desember 2021 Mulai Lelang, 2022 Dibangun, Ini Keterangan Wako Edi

Foto: Prokopim Pemkot Pontianak

Berita Pontianak, PONTIANAK INFORMASI – Akhirnya, pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I di Kota Pontianak sudah ada titik terang. Hal ini diketahui dari kabar terbaru yang disampaikan oleh Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono yang didapatnya dari pusat.

Edi menyebut, lelang atau tender proyek pembangunan tersebut akan mulai dilaksanakan bulan Desember 2021 mendatang. 

“Artinya sudah ada kepastian duplikasi jembatan itu dibangun dan pembangunan konstruksinya akan dimulai tahun 2022 mendatang,” sebutnya, Selasa (23/11/2021).

Edi berharap rencana pembangunan jembatan yang sangat dinantikan masyarakat guna mengurai kemacetan yang kerap terjadi di sana berjalan lancar dan segera difungsikan.

Oleh sebab itu, lanjut Edi, secara khusus ia akan terus mengawal proses rencana pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I berkoordinasi dengan Ketua dan Wakil Ketua Komisi V DPR RI untuk ikut mendukung pembangunan ini.

Meski belum tahu kapan akan selesai pembangunannya, Wako Edi memperkirakan pembangunan konstruksinya akan memakan waktu paling cepat satu tahun dan paling lambat dua tahun.

“Tergantung alokasi anggaran dan tingkat kesulitan yang ada di lapangan,” terangnya.

Menurutnya, pembangunan jembatan itu tidak terlalu banyak mengalami kesulitan dalam pengerjaannya karena sudah ada Jembatan Kapuas I. Adapun hal yang menjadi atensi pihaknya adalah komitmen pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam mendukung percepatan pelaksanaannya.

Terkait pembebasan lahan, Edi menuturkan, tak ada masalahnnya.

“Kalau untuk pembebasan lahan yang menjadi kewajiban Pemerintah Kota Pontianak sudah tidak ada masalah dan tuntas dengan total anggaran Rp43,7 Miliar dari APBD Kota Pontianak,” tutupnya.