Ekonomi Lokal News

IPM di Kalbar Mengalami Peningkatan

Foto: Dok. PIFA

Berita Kalbar, PONTIANAK INFORMASI – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kalimantan Barat mengalami kenaikan, dari tahun sebelumnya.
 
Berdasarkan data yang di sampaikan oleh BPS Kalbar, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 2021 Kalimantan  Barat mencapai 67,90 meningkat 0,24 poin (0,36 %) dibandingkan capaian sebelumnya (67,66).
 
“10 tahun terakhir IPM Kalbar terus meningkat, tapi kenaikannya tidak seperti indikator kenaikan lainnya, dan di tahun 2021 cukup tinggi kenaiknya di bandingkan 2021,” ujar Wahyu Yulianto Kepala BPS Kalbar, Rabu (01/12/2021) .
 
IPM ini menyangkut beberapa dimensi yang terdiri dari umur yang panjang, hidup sehat, pengetahuan dan standar hidup layak.
 
“Meningkatkan IPM ini memang dimensinya banyak, misalkan kesehatan jadi harus tersedia ya apa-apa sudah sehat, Bagaimana akses ke Puskesmas pelayanan air bersih dan apa permasalahan kemudian, akses pendidikan wilayah kita, serta perbaikan infrastruktur dan sebagainya ke depannya  lebih baik,” sampainya.
 
Di Provinsi Kalimantan Barat, Kota Pontianak menempati urutan tertinggi dengan angka 79,93 sedangkan urutan terendah di tempati Kabupaten Kayong Utara dengan angka 62,90