Internasional News

4 Negara Ini Rayakan Idul Fitri dengan Tradisi Unik Mirip di Indonesia, Seperti Apa?

Foto Ilustrasi: Saudi Gazette

Berita Internasional, PONTIANAK INFORMASI – Sejumlah negara di dunia telah menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin, 2 Mei 2022. Tak hanya di Indonesia, tradisi perayaan hari Raya Idul Fitri di beberapa negara ini juga cukup unik, mulai dari makan dan minumnya hingga tradisi mudik.

Apa saja tradisi tersebut, yuk simak penjelasan lengkapnya. Berikut tradisi unik perayaan Idul Fitri yang dilansir Redaksi PI dari IDX Channel:

1. Malaysia

Sama seperti Indonesia, orang Malaysia merayakan Idul Fitri dengan melakukan perjalanan ke kampung halamannya. Mereka juga melakukan mudik untuk berkumpul merayakan hari kemenangan bersama keluarganya.

Warga Malaysia juga mendekorasi rumah dengan pelita (lampu minyak) dan menyiapkan hidangan tradisional seperti ketupat, lemang, dan hidangan lainnya, adalah makanan yang populer. 

2. Arab Saudi

Perayaan Idul Fitri di Negara Minyak ini juga dirayakan dengan tradisi rekreasi. Warga negara Arab Saudi mendekorasi rumahnya dengan mewah.

Seperti yang dilakukan di Indonesia, keluarga dan teman biasanya berkumpul untuk makan dan sebelum disajikan. Kemudian, anak-anak keluarga biasanya berdiri di depan setiap anggota keluarga dewasa yang memberikan THR kepada mereka.

Ada 1 lagi tradisi yang unik di Arab Saudi, biasanya penduduk setempat meninggalkan beras dalam jumlah besar dan barang-barang lainnya secara acak di gerbang rumah mereka yang kurang beruntung.

3. UEA

Orang Emirat merayakan momen fitri dengan menghidangkan Ouzi, hidangan lokal penting yang disiapkan khusus untuk perayaan hari Raya Idul Fitri. 

Ouzi dimasak lama, bahannya dari daging kambing yang lezat dicampur dengan nasi dan dihiasi dengan kacang pinus goreng.  Uniknya, ada acara dan pertunjukan budaya yang luar biasa yang diselenggarakan, seperti trik sulap, taman bertema yang didekorasi, pertunjukan tari, dan lainnya. 

Negara ini menyambut Idul Fitri dengan ratusan acara selama periode perayaan.

4. Islandia

Umat Islam di Islandia biasanya melaksanakan perayaan Hari Raya Idul Fitri di masjid Reykjavik yang ada di ibu kota Islandia. Selanjutnya, para tamu datang ke masjid tersebut dengan membawa berbagai makanan internasional yang lezat, termasuk makanan dari masakan Indonesia, Mesir, dan Eritrea. 

Anak-anak di negeri yang dijuluki “The Land of Fire and Ice” ini biasanya memakai baju terbaik mereka. Warga di Islandia melakukan tukar menukar hadiah merayakan hari Raya Idul Fitri.

Na, itulah negara di dunia yang memiliki tradisi unik kurang lebih seperti Indonesia dalam merayakan hari kemenangan, hari Raya Idul Fitri. (yd)