Kesehatan Lokal News

Vaksinasi untuk Anak-anak Pontianak Dimulai, Wako Edi Harap Orang Tua Dukung dan Sosialisasikan Pentingnya Vaksin

Berita Pontianak, PONTIANAK INFORMASI – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun mulai digelar serentak di Provinsi Kalbar. Di Kota Pontianak, vaksinasi anak akan dimulai secara simbolis di SDN 56 Kelurahan Sungai Beliung Kecamatan Pontianak Barat pada Rabu (19/1/2022).

Berkaitan dengan hal itu, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono berharap para orang tua dan guru mendukung program vaksinasi bagi anak terutama rentang usia 6 hingga 11 tahun. Ia juga berharap orang tua dan guru bisa menyosialisasikan pentingnya vaksinasi untuk anak-anak.

Harapan tersebut disampaikan Edi saat dirinya meninjau pelaksanaan vaksin bagi siswa SD di Gedung Pontianak Convention Center (PCC).

“Kita harapkan para orang tua maupun guru bisa menyosialisasikan pentingnya vaksin bagi anak-anak usia tersebut,” ucap Edi, mengutip rilis Prokopim Pemkot Pontianak, Selasa (18/1/2022).

Total ada seratusan anak yang ikut dalam pelaksanaan vaksinasi perdana di Kota Pontianak yang juga digelar secara serentak di kabupaten/kota di Provinsi Kalbar. Lebih lanjut, Edi berharap pelaksanaan vaksinasi anak selanjutnya lebih banyak lagi jumlah pesertanya.

Edi menyebut, jumlah vaksinasi yang kian bertambah dapat mempercepat capaian herda Immunity (kekebalan komunal) di Kota Pontianak. Sehingga kedepannya, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bisa dilaksanakan secara menyeluruh.

Vaksinasi anak, lanjut Edi, membutuhkan perlakuan secara khusus. Mulai dari dosis dan jarak pemberian vaksin hingga kondisi kesehatan anak yang akan divaksin.

Kemudian, vaksinasi juga harus atas seizin orang tuanya serta didampingi oleh orang tua atau wali untuk memastikan bahwa anak yang divaksin dalam kondisi sehat.

“Vaksinasi terhadap anak memang atas seizin orang tua, kalau orang tua tidak mengizinkan, maka kita tunda dulu. Tetapi kita terus sosialisasikan ini agar para orang tua memahami pentingnya vaksinasi bagi anak,” lanjutnya.

Edi menerangkan, vaksinasi untuk anak-anak usia antara 6 hingga 11 tahun merupakan instruksi pemerintah pusat selain vaksinasi booster bagi lansia. Edi menilai, semakin banyak masyarakat yang divaksin, maka herd immunity atau kekebalan komunal di Pontianak bisa semakin terbentuk. (yd)