13 Kuliner Khas Pontianak yang Bisa Manjakan Lidahmu

Kuliner Khas Pontianak
Sotong pangkong, salah satu kuliner khas Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. (Foto: Instagram @trisnaindonesia)

PONTIANAK INFORMASI, LOKAL – Kota Pontianak terkenal dengan sajian kuliner yang memiliki rasa tersendiri dan dapat memanjakan lidahmu saat mencicipinya. Berikut rekomendasi kuliner khas Pontianak yang bisa dicoba saat kamu di kota yang dilalui garis Khatulistiwa ini.

Pontianak merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Barat. Terdapat banyak kuliner lokal dari berbagai suku di kota Khatulistiwa ini, berikut rekomendasinya seperti dilansir dari anamasrentcar.com:

  1. Salah satu kuliner khas Pontianak yang wajib dicoba adalah sotong pangkong. Resep ini membutuhkan bahan seperti cumi kering dan sambal kacang. Sotong pangkong terbuat dari umi kering yang dipanggang dan dipukul hingga dagingnya empuk, kemudian disiram dengan kuah sambal kacang. Sajian ini memiliki rasa gurih dan pedas yang memikat. 
  2. Lek tau suan, makanan Tionghoa yang terbuat dari kacang hijau kupas dan dimasak bersama dengan kuah kental bening. Kuah ini terbuat dari tepung tapioka, gula pasir, dan pandan. Sajian ini disajikan bersama ca kwee garing. Lek tau suan memiliki rasa manis dan kenyal. 
  3. Mie tiaw Pontianak, mie khas Pontianak yang dapat ditemukan di sekitar jalan Pattimura. Selain mie tiaw goreng dan mie tiaw kuah, warung ini juga menjual sajian Chinese food lainnya. Mie tiaw disajikan bersama dengan tambahan jeroan, kulit, daging sapi, daun sawi, dan tauge. Rasa mie tiaw Pontianak gurih dan kenyal. 
  4. Es krim Petrus, es krim homemade yang memiliki banyak varian rasa, seperti vanila, strawberry, coklat, dan nangka. Es krim ini disajikan dengan kacang merah, cincau, agar-agar, dan lelehan coklat. Penyajian es krim ini bisa menggunakan gelas, cup, roti, atau batok kelapa. 
  5. Pengkang, makanan ini terbuat dari beras ketan yang diisi dengan ebi, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibakar. Sajian ini disajikan bersama dengan sambal kepah atau sambal kerang. Pengkang memiliki rasa gurih dan kenyal.
  6. Pisang goreng Pontianak, terkenal dengan tekstur renyah dan rasa bermacam-macam yang dapat ditambahkan topping seperti coklat, susu, pandan, durian, kacang, nangka, keju, atau srikaya.
  7. Lidah buaya juga merupakan komoditas yang banyak ditemukan di Pontianak. Bukan hanya diolah menjadi dodol, kerupuk, permen, atau sirup, lidah buaya juga dibuat menjadi es yang menyegarkan dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
  8. Coklat wijen, makanan ringan khas Pontianak, terbuat dari campuran coklat dan wijen yang memberikan rasa manis dan gurih.
  9. Lempok durian juga patut dicoba bagi pecinta durian. Teksturnya seperti dodol tetapi tidak mengandung campuran beras ketan dan memiliki perpaduan rasa manis dan asam dari durian.
  10. Kwe cap di Pontianak banyak ditemukan di daerah Jalan Gajah Mada, Jalan Setiabudi, atau Jalan Veteran. Penjual kwe cap juga memodifikasi rasa dan tampilannya.
  11. Chai kwe atau choi pan adalah kue yang berisi sayur dan dibalut dengan adonan tepung beras. Terdapat dua jenis, kukus dan goreng, dengan isian seperti bengkoang, kucai, rebung, talas, dan kacang.
  12. Bakmi kepiting adalah makanan yang memiliki tekstur lembut dan rasa asin manis. Terdapat dua varian yang terkenal, yaitu bakmi owki dan bakmi juhuy, dengan tambahan isian mewah berupa daging kepiting.
  13. Sagu gunting adalah hidangan manis terbuat dari gula merah, susu, dan sagu yang mirip agar-agar. Favorit banyak orang, sagu gunting sekarang biasanya dijual di stand yang terdapat di Jalan Waru atau Jalan Tanjung Pura, Pontianak.