7 Makanan Khas Pontianak yang Tak Boleh Dilewatkan Bila Hendak Berburu Kuliner di Kota Ini

Makanan Khas Pontianak
Makanan khas Pontianak yang wajib dicoba. (Foto: phinemo.com)

PONTIANAK INFORMASI, LOKAL – Budaya yang beragam mempengaruhi kekayaan kuliner di Pontianak. Ada banyak makanan khas Pontianak, mulai dari suku Tionghoa, Melayu, Bugis, Jawa, Madura, dan lainnya yang dapat memikat hati para pecinta kuliner.

Setelah pandemi selesai, jangan lupa untuk mencoba 7 makanan khas berikut ketika berkunjung ke Pontianak:

  1. Es Krim Petrus, rasa yang segar dan pilihan topping seperti kacang merah, cincau, rumput laut, dan mutiara. Dijual dalam batok kelapa.
  2. Chai Kue, tepung beras dan tapioka diolah dengan dikukus atau digoreng, banyak pilihan isian seperti bengkuang, rebung, kucai, keladi, dan kacang kedelai. Sajikan dengan topping bawang putih goreng dan sambal.
  3. Sotong Pangkong, sotong kering dipukul tipis, biasanya dipanggang sebelum dibakar.
  4. Mie Tiaw Apollo, Mie Tiaw menjadi salah satu kuliner peranakan Tionghoa yang menjadi ikon makanan khas Pontianak, ditemukan di Jalan Pattimura.
  5. Sapo Tahu Seafood, makanan ini gurih dan kaya akan aroma laut, bisa ditemukan di Restoran Gajah Mada di Jalan Gajah Mada.
  6. Ce Hun Tiau atau Sagu Gunting, tepung beras dan kanji berbentuk mie, biasanya disajikan dengan ketan hitam, bongko, mutiara, dan es. Ditemukan di Ceu Hun Tiau Atong di Jalan Waru.
  7. Pisang Goreng Pontianak, manis dan renyah, banyak digemari dan bisa ditemukan di sekitar Pontianak. Nikmati bersama secangkir kopi pancong.

Itulah 7 makanan khas Pontianak yang wajib dicoba seperti dilansir dari anamasrentcar.com. Semua memiliki cita rasa dan tekstur unik dan lezat.

Jangan sampai ketinggalan untuk mencoba setidaknya salah satu dari 7 makanan ini saat berkunjung ke Pontianak.