Lokal News

7th Anniversary YNCI Pontianak, Suguhkan Hiburan Berbagi Kebahagiaan

PONTIANAK INFORMASI, LOKAL – Usia 7 tahun bukanlah waktu yang singkat bagi sebuah komunitas Yamaha NMax Club Indonesia (YNCI) Pontianak Chapter. Beranggotakan 130 member, YNCI Pontianak merayakan selebrasi 7th Anniversary di Taman Sepeda Untan, Sabtu (26/11/2022) malam.

Pemotongan tumpeng oleh Ketua Chapter (Kechap) YNCI Pontianak, Arie dan Ketua Panitia Anniversary, Feri Sunta Marmela menjadi momen istimewa mengawali puncak perayaan ulang tahun ke-7 YNCI Pontianak. Dilanjutkan dengan penampilan duo penyanyi yang membawakan lagu dangdut koplo semakin menambah semarak suasana perayaan.

Tak hanya biker yang hadir dari berbagai klub komunitas, masyarakat yang kebetulan tengah bersantai di Taman Sepeda juga ikut bergoyang bersama. Suasana semakin pecah dengan dipandu MC kocak, Kamilonte.

Kechap YNCI Pontianak, Muhammad Qaddri Ramadhan, akrab disapa Arie, mengatakan, perayaan 7 tahun usia berdirinya YNCI Pontianak tahun ini memang dikemas lebih meriah dan semarak karena beberapa tahun lalu saat pandemi dirayakan secara terbatas. Dipilihnya Taman Sepeda Untan menjadi lokasi acara karena memiliki space yang luas sehingga bisa menampung semua member YNCI dan undangan yang hadir.

“Selain merayakan ulang tahun yang ke-7, kami ingin berbagi kebahagiaan dengan masyarakat dan member dari berbagai komunitas dengan memberikan hiburan, alhamdulillah antusias penonton yang hadir luar biasa,” ujarnya.

Arie pun bercerita kilas balik kisah perjalanan YNCI hingga bisa eksis sampai sekarang. Sejak berdirinya YNCI Pontianak tahun 2015 silam, bukanlah jalan yang mulus bagi sebuah komunitas motor yang beranggotakan 130 orang. Betapa tidak, pasang surut dan jatuh bangun klub motor yang dibentuk berlandaskan kendaraan yang ditunggangi ini telah menjadikan YNCI Pontianak Chapter kian rekat rasa persaudaraan sesama anggotanya.

“Meski banyak halangan dan ujian yang dilalui komunitas ini, tetapi bagi kami hal itu sebagai pengalaman berharga dalam berorganisasi,” katanya.

Tak hanya sekadar menyalurkan hobi dengan kumpul-kumpul dan turing bareng, kegiatan bakti sosial (baksos) juga menjadi agenda kerja klub YNCI Pontianak setiap tiga bulan sekali. Baksos dilakukan dengan mengunjungi panti asuhan dan pondok pesantren sekaligus menyerahkan bantuan berupa pakaian layak pakai, sembako, alat tulis dan sebagainya. Aksi itu setidaknya bisa mengikis stigma negatif terhadap klub motor yang selama ini dipandang masyarakat.

“Kami ingin kehadiran YNCI Pontianak ini memberikan manfaat, baik bagi anggotanya maupun masyarakat sehingga tidak hanya sekadar menyalurkan hobi, tetapi kita juga ingin menebar kebaikan,” ungkapnya.

Ketua Panitia Anniversary ke-7 YNCI Pontianak Chapter, Feri Sunta Marmela menuturkan, perayaan anniversary tahun ini dikemas lebih meriah setelah tahun sebelumnya dirayakan secara terbatas karena pandemi. Taman Sepeda Untan dipilih sebagai lokasi perayaan ulang tahun ke-7 ini karena selain mengundang seluruh biker dan komunitas, juga memberikan hiburan bagi masyarakat yang kebetulan tengah menikmati suasana santai di taman.

“Alhamdulillah tahun ini kita merayakan ulang tahun yang ke-7 YNCI Pontianak lebih meriah dan semarak di Taman Sepeda ini,” ucapnya.

Menggelar selebrasi anniversary di outdoor, menurutnya perlu persiapan yang matang karena banyak yang harus disiapkan. Mulai dari lokasi, stage, personil, sound system, pengisi acara dan lainnya.

“Kami semua di YNCI Pontianak saling support dan bekerja untuk mempersiapkan Anniversary ke-7 ini,” sebutnya.

Sejarah awal berdirinya YNCI Pontianak Chapter tidak terlepas dari jasa-jasa pendirinya, yakni Jonif, Teguh dan Akimo (almarhum). Berangkat dari hobi yang sama mengendarai motor Yamaha NMax, mereka berinisiasi membentuk sebuah komunitas, YNCI Pontianak Chapter pada tanggal 29 November 2015.

Komunitas yang menginduk pada YNCI ini berjumlah 270 chapter seluruh Indonesia. Chapter-chapter ini terus melebarkan sayapnya di kabupaten/kota se-Kalimantan Barat. Saat ini member YNCI Pontianak Chapter keseluruhannya berjumlah 130 member. (RS)