Lokal, News  

Imasika FMIPA Untan akan Gelar AkSI 2023 ke Landak: Fokus pada Iman, Pendidikan dan Kesehatan

AkSI Imasika FMIPA Untan 2023
Panitia AkSI 2023 Imasika FMIPA Untan saat survei pra-kegiatan di Stasi Berinang Lesung. (Dok. AkSI FMIPA Untan)

PONTIANAK INFORMASI, LANDAK – Ikatan Mahasiswa Katolik (Imasika) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura (FMIPA Untan) akan kembali mengadakan kegiatan AkSI (Aktivitas Sosial Imasika). AkSI 2023 yang berfokus pada Iman, Pendidikan, dan Kesehatan ini, akan diselenggarakan di Stasi Berinang Lesung, Desa Ringo Lojok, Paroki St. Theresia dari kanak kanak Yesus Simpang Tiga, Kecamatan Banyuke Hulu, Kabupaten Landak.

AkSI yang langsung turun ke masyarakat sempat vakum 3 tahun karena pandemi COVID-19, terakhir dilaksanakan pada 2019 selama sembilan hari di Stasi Mamparagokng, Paroki Santo Yohanes Pemandi Pahauman, Landak. Sejak 2020 hingga 2021 AkSI yang digelar hanya dalam bentuk pengumpulan dan pemberian donasi, namun tak ada aktivitas langsung bersama masyarakat seperti agenda-agenda AkSI sebelumnya, karena adanya PPKM.

Pada 2022, AkSI tidak dapat diadakan karena terbentur masalah perizinan. Sebab, pada tahun tersebut kasus COVID-19 di Tanah Air sedang meningkat drastis. 

Lebih lanjut, kegiatan bakti sosial dalam rangka implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi tahun ini akan dilaksanakan pada 22-26 April 2023 mendatang. Mengusung tema “Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah” dari 1 Petrus 4 : 10, AkSI 2023 akan melaksanakan 4 kegiatan inti yang mencakup Kegiatan Fisik, Non-fisik, Penyuluhan dan Festival AkSI.

Adapun agenda fisik yang akan digelar diantaranya renovasi gereja, pembuatan petunjuk dan plang tempat wisata (Riam), serta pembuatan tempat pembuangan sampah (TPS). Sementara itu, kegiatan non-fisiknya meliputi festival AkSI, penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Pendidikan Iman Anak (PIA), Pelatihan Pemimpin Ibadat (PPI), ibadat malam, publikasi promosi pariwisata (Riam), dan keterampilan membuat rosario.

Di penghujung AkSI 2023 bakal digelar Festival AkSI Pesta Rakyat dan Malam Keakraban bersama masyarakat setempat. Selain bertujuan untuk memeriahkan AkSI, dua kegiatan tersebut juga untuk meningkatkan silaturahmi dan keakraban bersama masyarakat.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat mempererat keakraban dan menyajikan berbagai macam hiburan bagi masyarakat.

Ketua Umum Imasika FMIPA Untan periode 2022/2023, Billget Mansirit Yudhoyono menerangkan bahwa AkSI bertujuan untuk menyadarkan mahasiswa tentang pentingnya berjiwa sosial dan mengabdi kepada masyarakat yang membutuhkan.

“AkSI adalah sebuah kegiatan sosial dari Ikatan Mahasiswa Katolik FMIPA Untan, yang dimana kegiatan ini hadir kembali setelah 3 tahun vakum dikarenakan pandemi COVID-19. Harapannya, kegiatan AkSI ini dapat menyadarkan kepada seluruh mahasiswa tentang pentingnya memiliki jiwa sosial dan menjalankan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat,” terangnya.

Panitia penyelenggara berharap kegiatan non-fisik seperti pendidikan dan kerohanian, penyuluhan PHBS, mengajar PIA, pelatihan PPI, ibadat malam, dan keterampilan membuat rosario dapat berkesan serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar.

AkSI 2023 disambut hangat oleh seluruh keluarga besar Imasika, mulai dari mereka yang masih menempuh studi hingga alumni. Satu diantara alumni, Parian Pilata selaku Ketua AkSI 2014 berharap agar kegiatan AkSI tahun ini dapat menjadi penyegar untuk iman dan semangat mahasiswa di masyarakat.

“Akhirnya kita diberikan kesempatan lagi untuk menjalankan salah satu kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Semoga peserta AkSI kali ini bisa menjadi pupuk untuk menyegarkan semangat dan iman kepada masyarakat  di Dusun Berinang,” harapnya.

Ketua Umum Imasika periode 2015/2016 itu juga berharap, peserta AkSI meninggalkan kesan yang baik kepada masyarakat di dusun tersebut.

Hal senada juga diharapkan oleh Ketua AkSI 2023, Gielbert Whilton. Dia menegaskan, panitia berkomitmen untuk melibatkan masyarakat sekitar sebagai bagian dari kegiatan dan berharap dapat menciptakan dampak positif bagi mereka.

Agenda tersebut juga diharapkan dapat memperkuat dan meningkatkan iman umat serta meningkatkan hubungan sosial Imasika dengan masyarakat.

“Aktivitas Sosial Imasika ini adalah salah satu program kerja besar Imasika yang menjadi jembatan dan wadah bagi mahasiswa dan masyarakat dalam melakukan kegiatan sosial dan iman, khususnya dalam lingkup Kristiani. Saya berharap AkSI kali ini dapat meningkatkan semangat iman-sosial mahasiswa dan masyarakat,” pungkasnya.

(PDD AkSI 2023)

Exit mobile version
https://coyotebluesvillage.com/ https://monvalleyvistas.com/ https://simwas.inspektorat.lumajangkab.go.id/records/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/deposit/pulsa/tanpa/potongan/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/slot/pulsa/5000/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/slot/gacor/hari/ini/ https://shop.smkplusmelati.sch.id/main/slot/thailand/