Lokal News

Kloter Pertama Jamaah Haji Asal Kalbar Tiba di Embarkasi Batam

PONTIANAK INFORMASI, BATAM – Raut wajah cerah dan bahagia terlihat jelas pada Jamaah Haji Kalimantan Barat asal Kota Pontianak, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Landak, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Melawi, Kabupaten Sintang, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Ketapang, dan Kabupaten Kayong Utara, yang baru saja tiba di embarkasi Batam. 

Kedatangan mereka disambut langsung oleh  Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H., beserta istri, H. Erlina Ria Norsan, S.H., M.H., di Aula Arafah 1 Asrama Haji Batam, Rabu (27/7/2022).

Turut hadir menyambut kedatangan para tamu Allah, yaitu Bupati/Wali Kota se Kalimantan Barat dan perwakilan Kanwil Kemenag Provinsi Kalbar.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, kami mengucapkan selamat datang kepada Bapak Haji dan Ibu Hajjah. 

“Alhamdulillah, semua Kembali dalam keadaan sehat dan selamat. Kami mendoakan semoga sepulang dari tanah suci selama kurang lebih 42 hari di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi bisa membawa gelar Haji dan Hajjah yang Mabrur,” harap H. Ria Norsan.

Kemudian, Wagub Kalbar juga menjelaskan Haji yang mabrur adalah mengenai pengamalan kepada masyarakat dan bagaimana dalam menjaga kemabruran Haji.

“Ciri-ciri Haji Mabrur adalah adanya perubahan yang lebih baik dari sebelum berangkat Haji. Jadi, tergantung bagaimana kita sepulang dari tanah suci. Harus ada perubahan yang lebih baik, itu ciri mabrurnya Haji,” jelas Wagub Kalbar.

Selain berpesan mengenai menjaga kemabruran Haji, Wagub Kalbar juga meminta para jamaah haji harus lebih peka terhadap interaksi sosial yang ada di dalam lingkungan bermasyarakat. 

Sebagai Informasi, jamaah Haji yang telah tiba di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, berjumlah 442 orang dan akan diberangkatkan ke Kota Pontianak pada hari Kamis tanggal 28 Juli 2022. 

Seluruh jamaah haji juga telah melalui tes PCR dan bagi yang terkonfirmasi positif akan dikarantina selama 5 hari di Rumah Sakit Batam/Asrama Haji Batam sampai hasil tesnya negatif. (RS)