PONTIANAK INFORMASI, LOKAL – KSP PUSKOP CREDIT UNION INDONESIA (Skd) atau disingkat PUSKOPCUINA berdiri tanggal 27 November 1988 di Pontianak, Kalimantan Barat. Tepat tanggal 27 November 2023, usia PUSKOPCUINA mencapai 35 tahun.
PUSKOPCUINA memiliki badan hukum nomor 927/BH/M.KUKM.2/X/2010, Surat izin Simpan Pinjam (SIUSP) nomor 90/SISP/Dep.1/X/2010 yang dikeluarkan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia tanggal 4 Oktober 2010, Nomor Induk Koperasi (NIK): 6171010030001 dikeluarkan oleh Menteri Koperasi dan UKM RI tanggal 9 Agustus 2021, Nomor Induk Berusaha (NIB): 1905220076575 dikeluarkan oleh Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal tanggal 19 Mei 2022, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP): 74.713.454.2-701.000 yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan RI, Dirjen Pajak, KPP Pratama Pontianak Timur terdaftar tanggal 17 Desember 2015, dan Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (PKKPR) dikeluarkan oleh DPMPTSP Kota Pontianak a.n. Walikota Pontianak tanggal 22 Mei 2022.
PUSKOPCUINA merupakan Federasi Nasional Credit Union Indonesia. Per 30 September 2023, PUSKOPCUINA mewakili 573.202 orang anggota individu dari 46 CU primer yang tersebar di 18 provinsi, dengan kantor pelayanan tersebar di 23 provinsi, mulai dari Nias (Sumatera Utara) sampai dengan Merauke (Papua). Jumlah aset secara gerakan Rp7.924.353.666.868,00. Anggota CU merupakan masyarakat kecil, rata-rata simpanan anggota per 30 September 2023 sejumlah Rp12.001.099,00 dari 573.202 orang anggota dengan total jumlah simpanan pokok, simpanan wajib, dan simpanan sukarela untuk tujuan jangka panjang sebesar Rp6.879.054.011.141,00.
Misi PUSKOPCUINA adalah memastikan keberlanjutan gerakan credit union melalui tata kelola yang sehat dan terintegrasi berbasis teknologi untuk meningkatkan kualitas anggota. Visi PUSKOPCUINA adalah menjadi federasi nasional credit union yang terintegrasi, terpercaya dan berkelanjutan.
Core layanan PUSKOPCUINA adalah pendampingan tata kelola, interlending, teknologi informasi, pendidikan dan pelatihan serta pemberdayaan.
Pendampingan tata kelola: untuk mendukung tata kelola CU yang baik dan berbasis ACCESS Branding (AB), PUSKOPCUINA telah memiliki 13 (tiga belas) panduan Manual Operasional (MO) atau Standar Operasional Manajemen (SOM) yang merupakan kumpulan kebijakan pengurus dan Manual Prosedur (MP) merupakan kumpulan SOP yang menjadi panduan prosedur kerja bagi manajemen. PUSKOPCUINA juga membuat pedoman-pedoman operasional lainnya yang dibutuhkan oleh CU.
Interlending: Simpan Pinjam Anggota (SPA) merupakan perwujudan dari jenis usaha PUSKOPCUINA, yaitu simpan pinjam sesuai regulasi pemerintah. Produk simpanan terdiri dari simpanan pokok, wajib, SIKODIT, Siklus, dan PANTAS. Untuk produk pinjaman terdiri dari pinjaman modal usaha, SIKLUS, dan PANTAS.
Teknologi informasi : PUSKOPCUINA meyakini bahwa salah satu kunci keberlanjutan CU adalah menerapkan pelayanan berbasis digital. Dalam mendukung digitalisasi di CU, Gerakan CU dalam jejaring PUSKOPCUINA telah memiliki aplikasi SIMO dan ESCETE.
Pendidikan dan pelatihan: Untuk Gerakan Koperasi CU dalam jaringan PUSKOPCUINA menyadari bahwa misi utama Koperasi CU adalah meningkatkan kualitas hidup anggota, baik fisik, moral maupun spiritual melalui pendidikan dan pelatihan, pemberdayaan serta layanan keuangan yang berkualitas. Ada banyak jenis pelatihan yang diselenggarakan oleh PUSKOPCUINA, seperti training center, Diklat pimpinan manajemen (level 1 dan 2), pelatihan solusi bisnis dari Association of Asian Confederation of Credit Unions (ACCU) – Federasi CU di tingkat Asia, dan jenis Diklat reguler lainnya sesuai kebutuhan anggota.
Pemberdayaan : gerakan PUSKOPCUINA menyadari bahwa untuk meningkatkan kualitas hidup anggota salah satunya melalui kegiatan pemberdayaaan kepada anggotanya. Mendorong CU untuk memberikan pendampingan kepada anggota, baik pendampingan kepada komunitas maupun pendampingan Kelompok Usaha Binaan (KUBN). PUSKOPCUINA juga memfasilitas sharing model pemberdayaaan antar anggota, baik melalui kegiatan studi banding maupun focus group discussion. Untuk pemasaran hasil usaha kelompok binaan secara online, saat ini sudah tersedia aplikasi e-commerce yang dinamai sMartCU.
Pemberdayaan yang dilakukan oleh CU kepada anggota, khususnya yang dilakukan melalui pendampingan kelompok usaha binaan, telah menghasilkan beberapa jenis produk, baik barang maupun jasa. Ada 8 (delapan) jenis produk barang, yaitu hewan ternak, hasil ternak, hasil tani, rempah-rempah, makanan, kerajinan tangan, kesehatan, dan produk lainnya. Sedangkan produk jasa terdiri dari 10 jenis, yaitu kebersihan, cucian, perbaikan, kursus, konsultasi, kecantikan, transportasi, pemeliharaan hewan, acara, dan kesehatan.
Ada sebanyak 1.948 Kelompok Usaha Binaan (KuBn) dengan anggota KuBn sejumlah 16.558 orang, pendekatan pemberdayaan kepada anggota juga dilakukan melalui komunitas pemberdayaan dan komunitas teritory. Terdapat 182 komunitas pemberdayaan dan komunitas teritory sejumlah 1.071.
Informasi Umum
Dalam rangka kegiatan peresmian gedung Kantor PUSKOPCUINA pada tanggal 27 November 2023dihadiri oleh 46 Kopdit/CU Primer anggota PUSKOPCUINA (jumlah anggota TB 2023) dari 18 Provinsi di Indonesia dengan jumlah peserta ±350 orang.
Ringkasan Rangkaian Kegiatan Peresmian Gedung Kantor PUSKOPCUINA
Rangkaian kegiatan dilaksanakan tanggal 26 s.d. 30 November 2023.
Tanggal 27 November 2023 : Peresmian Gedung Kantor oleh Menteri Koperasi dan UKM RI yang diwakili oleh Deputi Bidang Perkoperasian, Ahmad Zabadi, S.H., M.M.
Tanggal 28 s.d. 29 November 2023 : Diklat Business Continuity Plan yang difasilitasi oleh Elenita San Roque (CEO ACCU) dan Ranjith Heittarachi (CTO ACCU) dari Bangkok, Thailand.
Tanggal 30 November 2023 : Rapat Anggota Khusus Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja PUSKOPCUINA Tahun Buku (TB) 2024.
Detail Rangkaian Kegiatan
Tanggal 26 November 2023 : Registrasi
Pada awal kedatangan setiap peserta melakukan registrasi dan chek in penginapan. Ada juga beberapa peserta yang sudah tiba pada tanggal 27 November 2023.
Tanggal 27 November 2023 : Peresmian Gedung Kantor PUSKOPCUINA
- Penyambutan Tamu VVIP
Acara penyambutan dilakukan dimulai dengan Tarian Sambutan (Tarian Dayak), Pemotongan Bambu Muda (Pancung Buluh Muda) dan Pengguntingan Pita di pintu masuk.
- Pembukaan Kegiatan dan Peresmian Gedung Kantor
Kegiatan dimulai dengan Internalisasi Arah Strategis PUSKOPCUINA, diikuti oleh Sambutan Ketua Pengurus dan Ketua Pembangunan Gedung Kantor PUSKOPCUINA. CEO ACCU memberikan pandangan, Uskup Agung memberikan doa dan pemberkatan kantor, Pj Gubernur Kalbar memberikan dukungan pemerintah daerah. Menteri Koperasi meresmikan gedung dengan pemukulan gong, diikuti penandatanganan prasasti. Cinderamata diberikan kepada Tamu VIP, dilanjutkan peninjauan ruangan. Acara ditutup dengan doa sebelum makan dan lunch.
- 35th Anyversarry PUSKOPCUINA
- Misa Syukur
Kegiatan ulang tahun PUSKOPCUINA ke-35 tahun dimulai dengan misa bersama pada pukul 16.00 WIB yang dipimpin oleh Bapak Uskup Agung Pontianak sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas pertumbuhan PUSKOPCUINA yang terus berkelanjutan hingga mencapai usia 35 tahun.
Tanggal 28 dan 29 November 2023 : Diklat Business Contuinity Plan
Kegiatan ini, sebagai bagian dari pengembangan sumber daya manusia aktivis credit union di jaringan PUSKOPCUINA. Diklat Business Continuity Plan dilaksanakan selama dua hari yang akan difasilitasi oleh fasilitator atau narasumber berpengalaman, Mrs. Elenita San Roque dan Mr. Ranjith Ranjith Heittarachi dari ACCU yang merupakan federasi credit union tingkat Asia, kegiatan ini bertujuan memastikan kelancaran operasional credit union di hadapan tantangan dan risiko. Peserta akan terlibat dalam sesi workshop, studi kasus, dan diskusi interaktif, mendapatkan pemahaman mendalam tentang langkah-langkah konkret dalam perencanaan krisis, pemulihan operasional, manajemen risiko, dan komunikasi efektif dalam situasi darurat. Diklat ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan peserta, tetapi juga memberikan keterampilan praktis yang dapat diterapkan sehari-hari sebagai aktivis credit union. Melibatkan narasumber dari ACCU, kegiatan ini diharapkan memberikan kontribusi positif dalam memperkuat ketahanan credit union terhadap risiko dan meningkatkan kapasitas mereka dalam menghadapi tantangan bisnis kompleks.
Tanggal 1 Desember 2023
Semua peserta kembali ke tempat masing-masing
Credit Union: Salah Satu Solusi Mengatasi Kemiskinan
Gerakan Koperasi CU dalam jaringan PUSKOPCUINA menyadari bahwa misi utama Koperasi CU adalah meningkatkan kualitas hidup anggota, baik fisik, moral maupun spiritual melalui pendidikan dan pelatihan, pemberdayaan serta layanan keuangan yang berkualitas.
Pendidikan dan pelatihan dilakukan secara terus menerus, mulai dari pendidikan wajib sampai dengan pendidikan lanjutan, seperti financial literacy, kewirausahaan, dan lain sebagainya.
Pemberdayaan kepada anggota dengan melakukan pendampingan kelompok usaha binaan. Pemberdayaan kepada anggota dengan melakukan intervensi langsung kepada kelompok binaan dan atau komunitas untuk memastikan anggota kelompok mengetahui, menyadari, dan memiliki keterampilan yang dibutuhkan dalam mengelola usaha-usaha produktif yang dipilihnya.
Core Aktivitas sebagai Federasi
PUSKOPCUINA sebagai federasi CU Indonesia memiliki fungsi untuk menciptakan jejaring CU yang terintegrasi dan berkelanjutan. Untuk itu, PUSKOPCUINA secara terus menerus melakukan langkah-langkah strategis dalam menciptakan jejaring CU terintegrasi dan berkelanjutan dengan meningkatkan tata kelola CU yang sehat. Adapun upaya yang telah dilakukan adalah membuat standarisasi kebijakan operasional di CU, berupa manual operasional dan manual prosedur (SOP) serta kontrak solidaritas, mengembangkan sistem teknologi bersama melalui SIMO dan ESCETE, pengelolaan dan perencanaan SDM yang terpusat melalui standarisasi struktur manajemen, pendidikan dan pelatihan, pengawasan berbasis risiko, standarisasi Chart of Account (CoA) atau akun dan laporan keuangan, branding CU, dan standarisasi produk dan pelayanan.
Modernisasi Koperasi CU melalui digitalisasi
- Sistem Informasi Manajemen Organisasi (SIMO)
Aplikasi SIMO adalah sarana penghubung antara data dan informasi dari CU di dalam gerakan PUSKOPCUINA yang akan diolah dan menjadi sekumpulan data yang dapat digunakan secara bersama oleh gerakan. 1. Beberapa hal yang sudah ada pada SIMO sampai saat ini adalah: 2. Database sentral untuk data anggota CU, data CU, data Aktivis CU, data mitra, dan data laporan CU yang akan menjadi pusat data untuk analisis dalam gerakan. 3. Portal website CU dimana semua CU dalam gerakan akan memiliki website nya sendiri yang dapat dikelola secara mandiri oleh CU. Untuk mengaksesnya tinggal mengetikkan nama-cu. puskopcuina.org, (contoh: khatulistiwa-bakti. puskopcuina.org). 4. Pendaftaran dan interaksi kegiatan PUSKOPCUINA dimana CU dapat mendaftar dan menerima informasi terkait dengan Diklat dan pertemuan yang diselenggarakan. 5. Pengajuan dan pengelolaan laporan bantuan Jalinan. 6. Pengelolaan tata kelola dari PUSKOPCUINA.
- ESCETE
Modernisasi pengelolaan Koperasi CU wajib dilakukan dengan menyediakan layanan transaksi secara digital bagi anggota. Gerakan CU dalam jaringan PUSKOPCUINA telah bekerjasama dengan vendor untuk membangun sistem informasi teknologi yang terintegrasi agar tercipta layanan keuangan yang berkualitas bagi anggota. Aplikasi ini dinamakan ESCETE, yang terdiri dari:
- Core ESCETE :
Union untuk memenuhi kebutuhan pelayanan ke anggota dan juga pelaporan yang dapat diakses secara realtime dan sesuai dengan standar pelaporan dari PUSKOPCUINA. Beberapa hal yang bisa diakomodir oleh Core ESCETE adalah:
1. Kasir/Teller
2. Customer Service
3. Kredit
4. Pelaporan
Beberapa karakteristik unik dari Core ESCETE yang membuatnya menjadi pilihan dari PUSKOPCUINA sebagai sistem bersama dalam gerakan adalah:
- Mampu mengakomodir pelayanaan Credit Union ke Anggota
- Sistem finansial yang tersentralisasi dengan transaksi realtime
- Standar pelaporan bersama berdasarkan dari CoA (Chart of Accounts) yang disusun oleh tim PUSKOPCUINA.
- Aplikasi berbasis website yang memberikan kemudahan dalam instalasi dan update sistem
- Pemanfaatan teknologi cloud computing yang memberikan reliablility tinggi dan kemudahan akses secara online tanpa perlu maintenance server secara mandiri di CU
- Keamanan data center, audit, penetration testing oleh pihak independen untuk menghindari adanya celah keamanan pada sistem
- 4 Eyes principal untuk setiap transaksi krusial berdasarkan tugas dan tanggungjawab
- Kesiapan dari sistem untuk terkoneksi dan bekerja sama dengan pihak/layanan eksternal
- Tim support yang siap membantu permasalahan yang dihadapi
- Pengembangan dan perbaikan berkelanjutan berdasarkan masukan dan evaluasi berkala
- Mobile ESCETE:
Aplikasi mobile android yang menawarkan layanan CU melalui smartphone Android yang dapat diakses 24/7 secara mudah dan cepat dengan cara pengoperasian yang sederhana tapi efektif bagi setiap anggota individual CU dimanapun dia berada selama memiliki akses ke internet. Beberapa layanan yang dapat dinikmati anggota CU melalui aplikasi Mobile ESCETE adalah: 1. Kemudahan bertransaksi baik di CU maupun diluar CU seperti fitur transfer bank, transfer antar rekening dan antar CU. 2. Pembayaran tagihan melalui Bill payment (pembelian paket datan dan pulsa HP, pulsa listrik, pembayaran tagihan PLN, pembayaran tagihan TV kabel, top UP OVO, Dana, GoPay). 3. Penarikan dan penyetoran melalui mesin CDC (Cash Deposit Machine) dan CCM (Cash Cloud Machine) untuk CU yang mengaktifkan/memanfaatkan fitur tersebut. 4. Pengajuan pinjaman secara online yang menggantikan proses pengisian formulir fisik untuk CU yang mengaktifkan/memanfaatkan fitur tersebut.
- sMartCU:
Aplikasi sMartCU merupakan e-commerce yang berguna sebagai sarana pemasaran produk-produk usaha anggota atau kelompok binaan dalam jaringan PUSKOPCUINA. Dengan sMartCU maka anggota dapat lebih mudah memasarkan produk mereka kepada semua orang di Indonesia.
sMartCU dapat dimanfaatkan oleh CU sebagai sarana untuk mendorong pemasaran produk anggota dengan lebih masif karena merupakan marketplace online nasional yang mendukung berbagai metode pengiriman se Indonesia dan mendukung pembayaran lewat perbankan dan ESCETE.
sMartCU merupakan salah satu fitur gratis yang bisa segera dimanfaatkan oleh CU yang sudah mengimplementasikan ESCETE dan bahkan CU bisa mendapatkan revenue tambahan dengan skema sharing revenue apabila terdapat produk anggota yang terjual di sMartCU. Silahkan kunjungi www.smartcu.id.