Lokal News

Resmikan Pembangunan Masjid Nurul Jannah, Bupati Muda Apresiasi Niat dan Keikhlasan Umat

Berita Kalbar, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) Muda Mahendrawan bersama Kepala Desa Mekar Baru Kecamatan Sungai Raya Sudirman dan Ketua Pengurus Masjid Nurul Jannah Johan Saimima melakukan peletakan batu pertama renovasi pembangunan Masjid Nurul Jannah”, Jum’at (13/5/2022).

Pada kesempatan ini, Bupati Muda Mahendrawan mengapresiasi ikhtiar dan niat kuat serta kekompakan warga dan umat yang negoisasi pembangunan masjid Nurul Jannah ini. Karena pembangunan masjid ini sangat dibutuhkan sekali bagi warga di desa Mekar Baru. 

“Alhamdulillah, hari ini kita semua memiki i’tikad dan niat naik bersama untuk pembangunan masjid ini, supaya masjid ini bisa menampung lebih banyak lagi jama’ahnya”, kata Bupati Muda Mahendrawan disela meletakan batu pertama pembangunan masjid Nurul Jannah. 

Bupati Muda merasa bersyukur niat baik dari pengurus masjid Johan Saimima dan Kades Muara Baru Sudirman dan semua pengurus masjid ini. Karena sejarah masjid ini juga merupakan masjid tertua di kabupaten Kubu Raya. 

“Tentulah niat baik ini perlu kita kawan bersama agar kita umat dan masyarakat bisa jauh lebih tenang. Karena yang kita kejar selama ini adalah ketenangan, sehingga kita beribadah juga akan merasa tenang”, ujarnya.
Dengan letak masjid yang berada di pinggir jalan yang semakin padat, Bupati menilai kondisi itu tentulah sangat berisiko bagi umat yang hendak melakukan ibadah di masjid ini.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih niatan baik umat dan masyarakat yang secara ‘kepong bakol’ (gotong royong) membangun masjid ini”, ucapnya.

Bupati menyampaikan, berdasarkan data dari Kesejahteraan Rakyat (Kesra) sampai saat ini terdapat lebih dari 600 masjid yang tersebar di seluruh penjuru Kubu Raya dan lebih dari 100 masjid pada tahun ini telah dilakukan renovasi total.

“Situasi ini membuktikan umat dan masyarakat Kubu Raya memiliki ikhtiar dan niat baik serta keikhlasan tinggi di berbagai kampung untuk melakukan renovasi masjid”, paparnya.

Menurutnya, niatan dan keikhlasan baik yang dimiliki umat dan masyarakat inilah yang perlu disatukan supaya generasi umat akan lebih banyak lagi betah beribadah di masjid.

“Sehingga anak-anak kita bisa benar-benar menjadikan masjid ini sebagai tempat bagi generasi umat untuk memberikan aktualisasinya, agar tidak terpengaruh dengan pergaualan bebas dan kenakalan remaja”, tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pengurus Masjid Nurul Jannah Johan Saimima merasa bersyukur, pada kesempatan ini di masjid yang akan dibangun dan di renovasi ini, Bupati Muda Mahendrawan bisa melakuakn shalat Jum’at berjama’ah bersama umat di masjid Nurul Jannah ini.

“Selaku ketua pengurus dan seluruh panitia pembangunan masjid Nurul Jannah mengucapkan ribuan terima kasih kepada bapak bupati Muda Mahendrawan, karena di sela kesibukan dan padanya jadwal beliau sebagai kepala daerah masih menyempatkan diri dan menyapa umat dan masyarakat untuk berkunjung di tempat kita ini”, ujar Johan.
Anggota DPRD Kubu Raya Dapil Sungai Raya II itu juga menyampaikan terima kasih kepada semua panitia pembangunan masjid Nurul Jannah ini sudah lama dicanangkan karena kapasitas masjid ini sudah tidak mencukupi untuk jama’ah di desa desa ini.

“Tidak jarang jama’ah yang datang telat untuk mendirikan shalat terpaksa harus pulang, karena tidak mendapatkan saf shalat”, pungkasnya.

Legeslator Partai Nasdem Kubu Raya itu menyadari kendala pembangunan masjid ini dikarenakan faktor lawannya yang sangat kecil, namun dirinya merasa bersyukur ada donatur yang menyumbangkan tanahnya untuk pembangunan masjid ini.

“Mudah-mudahan masjid yang amkita bangun ini bisa menampung lebih dari 1.000 jama’ah, sehingga tidak ada lagi jama’ah yang pulang karena tidak mendapatkan saf”, tutupnya. (RS)