Lokal Sports

Veddriq Leonardo Asal Pontianak Kembali Harumkan Nama Indonesia di Kejuaran Panjat Tebing Dunia

Foto; Asiangamesoca

Berita Pontianak, PONTIANAK INFORMASI – Veddriq Leonardo Pria  berusia 25 tahun berasal dari Kota Pontianak kembali membagakan Indonesia dianjang Internasional Panjat Tebing dalam kejuaran Climbing World Cup IFSC 2022, diselenggarakan pada 6-8 Mei 2022 di Seoul, Korea Selatan.
 
Yenny Wahid selaku Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) menyampaikan, Veddriq Leonardo berhasil keluar sebagai pemenang setelah mengungguli rekan senegaranya, Kiromal Katibin, pada babak final men’s speed. Atas raihan tersebut, Veddriq berhak mendapatkan medali emas dalam turnamen tersebut.
 
Atlet panjat tebing Indonesia mendominasi seri kejuaraan dunia. Sebanyak empat atlet Indonesia masuk dalam lima besar hasil akhir Climbing World Cup IFSC 2022 kategori men’s speed yang diikuti oleh 25 negara.
 
Diketahui Mereka adalah Veddrig Leonardo, Kiromal Katibin, Rahmad Adi Mulyono, dan Zaenal Aripin. Pada babak final, Veddriq Leonardo, Kiromal Katibin, dan Rahmad Adi Mulyono berurutan di podium 1-3.
 
“Alhamdulillah bendera Indonesia berkibar di 3 podium, juara 1, 2, dan 3. Ini menunjukkan hasil yang luar biasa karena baru kali ini Indonesia berhasil menyapu bersih di kategori men’s speed. Ini juga menunjukkan bahwa kami konsisten mendampingi atlet panjat Indonesia demi kejayaan olah raga kita.” ungkap Yenny Wahid selaku Ketua Umum FPTI di Bandar Soekarno Hatta, saat menyambut timnas, Rabu (11/4/2022) mengutip dari Repbulika.com.
 
Sementara Kiromal Katibin yang sempat memecahkan rekor dunia men’s speed mengalami false start pada babak final sehingga hanya bisa mendapatkan medali perak. Adapun Rahmad Adi Mulyono unggul atas atlet Italia, Ludovico Fossali. Kala itu, Rahmad menang setelah lawan jatuh (fall) dan gagal mencapai top.
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun dari halaman FPTI, prestasi yang di raih oleh Veddriq ini bukanlah hal yang baru, ternyata Pria asal Pontianak sudah beberapa kali mengharumkan nama Kota Pontianak baik di Nasional maupun Internasional, berikut daftar prestasi Veddriq Leonardo :

  • 2022 : Medali emas Piala Dunia Panjat Tebing 2022 (Seoul, Korea Selatan)
  • 2021 : Medali emas IFSC Climbing World Cup seri Villars (Swiss)
  • 2021 : Medali emas IFSC CLimbing World Cup Salt Lake City (USA)
  • 2019 : Medali emas PRA-PON XX Zona 3 (Sulawesi Selatan)
  • 2019 : Medali emas PRA-PON XX Zona 3 (Sulawesi Selatan)
  • 2019 : Medali emas Asian Championship 2019 (Bogor)
  • 2019 : Medali emas The Belt and Road ICMT Qinghai (China)
  • 2018 : Medali perunggu IFSC World Cup Moscow (Rusia)
  • 2017 : Medali perunggu Kejurnas FPTI XVI 2017 (Yogyakarta)
  • 2016 : Medali perunggu Kejurnas Kelompok Umur 2016 (Bangka).