Nasional News

Jokowi Singgung Soal Pemilihan Capres di HUT Golkar: Pilih yang Jam Terbang Tinggi!

Jokowi
Presiden Jokowi menyampaikan sambutan di HUT ke-58 Partai Golkar. (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

PONTIANAK INFORMASI, NASIONAL – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Partai Golkar yang digelar di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (21/10/2022) lalu. Pada kesempatan tersebut Kepala Negara menyinggung soal pemilihan calon presiden (capres) yang diusung oleh partai politik, salah satunya, Beliau menyarankan untuk memilih capres yang memiliki jam terbang yang tinggi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi turut mengucapkan selamat atas ulang tahun partai berlambang pohon beringin itu.

“Pertama-tama saya ingin menyampaikan selamat ulang tahun yang ke-58 kepada seluruh keluarga besar Partai Golkar,” ucap Presiden mengawali sambutannya, dikutip dari laman Setkab RI.

Kepala Negara menilai, Golkar merupakan partai politik yang sudah matang dan punya pengalaman malang-melintang serta banyak makan asam garam dalam perpolitikan Indonesia. Ia pun meyakini bahwa Partai Golkar akan cermat dalam menentukan calon presiden dan wakil presiden 2024.

“Saya yakin Golkar akan dengan cermat, akan dengan teliti, akan dengan hati-hati, tidak sembrono dalam mendeklarasikan calon presiden dan calon wakil presiden 2024,” tegasnya.

Presiden Jokowi juga menjelaskan soal pentingnya memilih pemimpin yang memiliki jam terbang yang tinggi. Sebab, situasi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian, bahkan diprediksi akan lebih gelap di tahun 2023 mendatang.

Presiden mengatakan, sudah banyak negara yang mengalami krisis dan menjadi “pasien” Dana Moneter Internasional (IMF).

“Sekarang yang sudah masuk pasien IMF itu ada 14 negara, sudah masuk jadi pasien, dan 28 negara lagi sudah antre di depan pintunya IMF, diperkirakan akan muncul angka nanti 66 negara. Oleh sebab itu, betul-betul pemimpin ke depan ini harus kita piih yang memiliki jam terbang yang tinggi,” katanya.

“Karena, sekali lagi, dalam pembangunan sebuah negara penting sekali yang namanya stabilitas politik. Kita juga butuh stabilitas keamanan, apalagi dalam situasi dunia yang sangat sulit, sulit dihitung, sulit dikalkulasi, sulit diprediksi,” imbuh Presiden.

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.

Hadir juga Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Plt. Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Mardiono, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.