Lokal News

HUT Kota Pontianak: Karnaval Air Meriahkan Peringatan Napak Tilas Perjalanan Sultan Pontianak I

Foto: Dok. Pifa

Pontianak – Menyambut hari jadi ke-250 Kota Pontianak, Kesultanan Kadariah Pontianak menggelar Ziarah Qubro (Napak Tilas Perjalanan Sultan Pontianak 1 Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie) di Pontianak, Rabu (20/10/ 2021).

Dalam rangka memeriahkan Napak Tilas Perjalanan Sultan Pontianak 1 Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie ini dikemas dengan Karnaval Air menaiki kapal wisata dari Kesultanan Kadariah Pontianak menuju Makam Sultan Syarif Abdurrahman Al-Qadri Batu Layang sebagai pendiri Kota Pontianak, Rabu 20 Oktober 2021.

Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyampaikan, bahwa acara tersebut akan menjadi agenda tetap berkesinambungan setiap Hari Jadi Kota Pontianak Pontianak kedepan sehingga menjadi destinasi wisata baik di tingkat nasional hingga internasional. 

“Acara ini akan Kita jadikan agenda tetap di ulang tahun kota Pontianak dan konsep karnaval ini menjadikan Kota Pontianak sebagai salah satu kota wisata, ” jelasnya. 

Sementara itu, Sultan ke IX Kesultanan Kadriah Pontianak, Sy Mahmud Melvin Alkadrie mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kota Pontianak yang telah hadir dalam pagelaran Ziarah Qubro (Napak Tilas Perjalanan Sultan Pontianak 1 Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie) yang dikemas dengan acara Karnaval Air menaiki kapal wisata dari Kesultanan Kadariah menuju Makam Sultan Syarif Abdurrahman Al-Qadri Batu Layang. 

“Saya bangga dan senang, karena sudah bisa melaksanakan kegiatan ini. Karena sudah beberapa tahun tidak memperingati HUT kota Pontianak yang hingga pada saat ini sudah berusia 250 tahun. Maka dari itu saya beserta mewakili dari kesultanan Pontianak berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang hadir guna ikut serta dalam mensukseskan kegiatan ini, ” ucapnya.

Hadir pada kesempatan ini Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Wakil Wali Kota Pontianak Bahasan, Sultan ke IX Kesultanan Kadriah Pontianak, Sy Mahmud Melvin Alkadrie, Anggota DPRD Kota Pontianak Bebby Nailufa, Inspektur Pemprov Kalbar Marlina beserta keluarga dan rombongan, serta ratusan masyarakat lainnya.