News  

Mensos Risma Soal Banjir Kalbar: Perlu Langkah Mitigasi, Cari Cara Selamatkan Warga di Sepanjang Sungai Kapuas

Mensos Risma Soal Banjir Kalbar
Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, Foto: Humas Kemensos RI

Kalbar – Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini meninjau lokasi banjir yang terjadi di beberapa kabupaten di wilayah Kalimantan Barat, Rabu (3/11/2021). Pada kesempatan itu Risma menilai, perlu langkah mitigasi (pencegahan) untuk meminimalisir dan mengantisipasi banjir yang sering terjadi, terutama di bantaran Sungai Kapuas.

“Katanya banjir ini yang paling parah, makanya perlu ada upaya mitigasi atau pencegahan agar banjir tidak terjadi seperti ini, minimal berkurang lah,” tuturnya saat meninjau lokasi banjir di Kabupeten Sintang, Kalbar, Rabu (3/11/2021).

Dia berharap, Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, dapat mengajak Balai Wilayah Sungai Kalimantan I (BWSK I) untuk mencari cara bagaimana menyelamatkan warga di sepanjang Sungai Kapuas.

“Setiap tahun curah hujan yang kita hadapi semakin besar. Oleh karena itu, saya berharap Ketua Komisi V DPR RI juga mengajak Balai Wilayah Sungai Kalimantan I (BWSK I) untuk mencari cara bagaimana menyelamatkan warga di sepanjang Sungai Kapuas ini,” tambah Risma.

Menurutnya, bila tidak dilakukan mitigasi dampaknya akan semakin berat ke depannya. Risma menyarankan untuk memanfaatkan danau-danau yang ada di sepanjang Sungai Kapuas sebagai alternatif penampungan air saat curah hujan tinggi.

“Kalau tidak segera dilaksanakan, akan semakin berat. Tidak kalah penting dengan memanfaatkan danau-danau yang ada di sepanjang Sungai Kapuas agar menjadi alternatif penampungan air saat curah hujan tinggi, sehingga tidak berdampak kepada masyarakat,” pungkasnya.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan, waspada dan tetap siaga. Karena, lanjut dia, dampak perubahan iklim akibat La Nina cukup berat.

Senada dengan Mensos Risma, Pj Sekda Kalbar yang ditugaskan oleh Gubernur Sutarmidji untuk mendampingi Risma berpesan agar masyarakat tetap sabar dan tenang menghadapi banjir. Dikatakannya, pemerintah akan terus mengucurkan bantuan untuk warga yang terdampak.

 “Masyarakat yang terdampak banjir untuk tetap sabar dan tenang, karena  pemerintah tetap akan terus berupaya memberikan bantuan untuk mengatasi kerawanan pangan bagi masyarakat yang terdampak banjir,” ujarnya.

Kemudian, Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus turut mengapresiasi kunjungan Mensos RI.

“Mewakili masyarakat Kalbar, kami apresiasi atas kunjungan Bu Menteri, ini luar biasa atas kepeduliannya,” ucap Lasarus.

Adapun wilayah yang dikunjungi Mensos Risma saat meninjau banjir Kalbar di antaranya adalah Desa Lingkungan Liku di Kabupaten Sanggau, Desa Tanjung di Kabupaten Sekadau, dan Kelurahan Ulak Jaya Kabupaten Sintang.

Pada kesempatan itu, Risma didampingi oleh Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Lasarus, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Erlinawati, dan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat (Pj Sekda Prov Kalbar) Samuel, serta masing – masing kepala daerah dan jajaran Forkopimda di tiap daerah yang ditinjau.

Exit mobile version