News

Prakiraan Cuaca Kabupaten/Kota di Kalbar 22-23 Oktober: Berpotensi Hujan Ringan-Lebat Disertai Petir & Angin Kencang

Foto Ilustrasi: Liputan6

Kalbar – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan beberapa wilayah di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) akan berpotensi hujan dengan intesitas ringan hingga lebat pada Jumat dan Sabtu akhir pekan ini, (22-23/10/2021).

Melalui laman resminya, BMKG juga memberikan peringatan dini potensi hujan yang disertai petir dan angin kencang.

“Waspada potensi hujan yang disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat.” Dikutip dari peringatan dini BMKG.

Berdasarkan informasi dari situs bmkg.go.id, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat hari ini (22/10) diprakirakan terjadi di Kabupaten Landak, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Sanggau, Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Sintang, Kota Singkawang, Kabupaten Kapuas Hulu, dan Kabupaten Bengkayang.

Sementara hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada 23 Oktober 2021 diprakirakan terjadi di Kabupaten Landak, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Sanggau, Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, dan Kabupaten Kapuas Hulu.

Kemudian, kabupaten/kota lainnya yang tidak masuk dalam daftar hujan sedang hingga lebat di atas diprakirakan akan mengalami cuaca cerah berawan dan hujan ringan.

BMKG Kalbar juga menyampaikan peringatan terjadinya bencana Hidrometeorologis di beberapa wilayah kalbar yang berpotensi hujan ringan hingga lebat.

“Waspadai akan munculnya genangan, banjir, tanah longsor, dan sebagainya. Terutama pada wilayah yang biasa terjadi bencana Hidrometeorologis tersebut,” tulis akun @info_bmkg_kalbar, Jumat.