Lokal News

Saksikan Langsung PHP2D Himigipa Untan di Desa Teluk Empening, Reviewer Nasional: Telah Diterima Baik & Dinyatakan Bermanfaat Oleh Masyarakat

Foto: Dok. Pontianak Informasi/Dapi

Kubu Raya – Reviewer Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dari Kemdikbud, Dr. Kusnida Indrajaya meninjau langsung pelaksanaan PHP2D Tim Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan (Himigipa) Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura (Faperta Untan) di Desa Teluk Empening, Kecamatan Terentang, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, Senin (15/11/2021).

Dalam lawatannya, saat diwawancarai seusai mereview Diseminasi Teknologi Pembuatan Pikel dan Kombucha Tim PHP2D Himigipa Untan, Doktor Kusnida menilai bahwa kegiatan yang diadakan telah diterima dengan baik oleh masyarakat. Kegiatan tersebut, lanjutnya, juga dinyatakan bermanfaat oleh masyarakat.

“Saya hadir dalam kapasitas sebagai reviewer Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa. Hasil kunjungan review saya di lapangan kegiatan ini telah diterima dengan baik oleh masyarakat dan dinyatakan juga bermanfaat oleh tokoh masyarakat, tokoh perempuan serta Kepala Desa,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam sambutan pembuka, Doktor Kusnida mengatakan kedatangannya sebagai reviewer bukan untuk mengevaluasi PHP2D Tim Himigipa Faperta Untan, melainkan untuk menyaksikan langsung bagaimana pelaksanaannya.

“Pagi hari ini saya hadir bukan untuk melakukan evaluasi, bukan untuk melakukan ujian. Tapi ingin melihat secara langsung bagaimana kegiatan PHP2D dilaksanakan di Desa Teluk Empening,” jelas Kusnida, Senin (15/11) pagi.

Divisitasi karena Nilai Tinggi

Akademisi dari Universitas Palangka Raya itu menambahkan, Untan ditetapkan sebagai sasaran visitasi review karena nilainya tinggi.

“Karena kami sudah mengacak kelompok mana yang harus dijadikan sasaran, syukur Alhamdulillah Untan senantiasa masuk dalam nilai-nilai besar. Rupanya pada saat rapat penentuan tujuan sasaran, muncul Untan.” tambahnya.

“Ini hebat, Untan ditunjuk untuk didatangi karena nilainya tinggi. Ini merupakan kebahagiaan tersendiri untuk saya,” lanjutnya lagi.

Adapun tajuk pembinaan dan pemberdayaan yang dilaksanakan oleh Tim PHP2D Himigipa Untan ialah “Peningkatan Daya Saing Masyarakat Melalui Produk Herbal Jahe Berbasis Fermentasi untuk Kampung Biofarma Desa Teluk Empebing Kubu Raya”.

Harapan Dr. Kusnida

Seusai melihat langsung pelaksanaan kegiatan dan mendengar peryataan tokoh masyarakat yang ikut terlibat dalam program tersebut, Kusnida berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut dan bermanfaat untuk siapapun yang ikut serta, baik masyarakat maupun mahasiswa di kampusnya.

“Harapan saya kegiatan ini bisa berlanjut, tidak berhenti sampai di sini dan dilanjutkan oleh kelompok-kelompok lainnya serta mendatangkan yang lebih, baik bagi masyarakat maupun kampus,” pungkasnya.

Hasil kerja mereka, lanjutnya, sudah maksimal. Ia mengaku bahagia dengan kerja keras yang telah dilakukan oleh Tim Himigipa lantaran sangat bermanfaat dan membantu masyarakat Teluk Empening dalam inovasi hasil pangannya yang berlimpah.

“Secara khusus ingin saya sampaikan bahwa hasil kerja mereka sudah maksimal. Semoga ini bisa mendatangkan manfaat. Saya berbahagia hasil kerja keras mereka bisa mendatangkan sesuatu yang berarti untuk masyarakat,” tutup dia.

Apresiasi dan Dukungan Desa Teluk Empening

Maisur, SE selaku Kepala Desa Teluk Empening yang juga hadir dalam diseminasi PHP2D Himigipa Untan turut mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim PHP2D Himigipa. Pada kesempatan itu, mewakili pihaknya, Maisur juga menyampaikan dukungannya kepada mahasiswa.

“Kami atas nama Pemerintah Desa Teluk Empening sangat apresiasif dengan kegiatan ini dan Kami sangat mendukung sepenuhnya.

Senada dengan Reviewer, ia juga berharap kegiatan PHP2D berkelanjutan.

“Kami dari Pemerintah Desa Produk ini bisa berlanjut pembinaan sampai produk ini sukses di pasar. Sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat,” tuturnya.