Lokal News

Wako Edi Kamtono: 40 Persen Warga Pontianak Sudah Disuntik Vaksin Covid-19

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono saat menunjukkan data Kasus Covid-19 di Pontianak, Foto: Prokopim Pemkot Pontianak

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono melaporkan bahwa capaian vaksinasi Covid-19 di Pontianak hingga saat ini sudah sekitar 200 ribu orang atau 40 persen dari target sekitar 471 ribu warga.

Ia menuturkan, semua vaksinator di Kota Pontianak semakin masif melaksanakan vaksinasi, sehari bisa suntik dua ribuan masyarakat.

“Dalam sehari sekitar dua ribuan masyarakat yang dilakukan vaksinasi COVID-19 yang dilakukan oleh berbagai pihak, mulai dari Dinkes Kota Pontianak, provinsi, TNI/Polri, maupun organisasi masyarakat,” kata Edi mengutip dari Antara Kalbar (25/8/2021).

Edi berharap, distribusi vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat terus berjalan lancar agar capaian vaksinasi sekitar 80 persen dari total masyarakat Kota Pontianak dapat segera terpenuhi.

“Sehingga dengan capaian itu, maka kekebalan komunal atau herd immunity bisa tercapai dalam mencegah agar tidak mudah terpapar Covid-19,” harapnya.

Lebih lanjutnya, Edi menjelaskan bahwa untuk mencapai kekebalan komunal, vaksinasi harus ditingkatkan, dengan sasaran mulai warga usia di atas 12 tahun hingga lansia. Capaian vaksinasi dosis pertama sudah 40 persen, sedangkan dosis kedua masih belum mencapai 30 persen dari target 471 ribu jiwa. Jumlah penduduk Kota Pontianak 672 ribu jiwa.

“Jadi masih ada sebagian yang menunggu untuk menjalani vaksin dosis kedua,” tambah Edi.

Dalam pemberitaan Antara Kalbar, Edi juga berharap masyarakat dapat tetap mematuhi dan disiplin dengan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Tags