Tips dan Trik

Tetap Produktif di Rumah, 7 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Selama Pandemi

Pandemi membuat aktivitas dan produktivitas berkurang, pandemi berdampak pada semua sektor. Meski Pandemi, kita tetap bisa kok produktif di rumah melalui Internet. Berikut 7 cara produktif di rumah hingga menghasilkan uang dari internet.

Dirangkum dari berbagai sumber, ini dia 7 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Selama Pandemi..!!

1. Jualan Online

Cara pertama yang paling mudah untuk bisa menghasilkan uang dari internet adalah dengan jualan online. Penting untuk diketahui, Internet dapat mempercepat proses penjualan produk dan jasa. Jangkauan pasar di internet juga demikian, kita dapat dengan mudah menjangkau lebih banyak calon pembeli hanya dengan memposting jualan di internet.

Jualan online dapat dilakukan melalui media sosial dan website. Di sisi lain, kita juga melakukan pekerjaan ini di beberapa market place besar seperti Tokopedia, Shopee dan yang lainnya.

2. Menjadi Youtuber

Menghasilkan uang dari internet dengan menjadi youtuber selama pandemi dapat membuat kita lebih produktif lagi, kita cukup mengupload video-video menarik dan edukatif di youtube. Tidak hanya menarik dan edukatif saja, ada banyak tema konten video yang dapat dipilih. Sesuaikan saja dengan minat masing-masing ya..!!

Menjadi Youtuber harus konsisten, kita harus rutin mengupdate konten video. Seperti yang telah disinggung tadi, channel Youtube aasiap milik Atta Halilintar sudah menghasilkan uang miliaran rupiah; begitupula dengan channel-channel sukses lainnya. Satu pertanyaan muncul, dari mana mereka menghasilkan uang..??

Youtube merupakan platform digital untuk berbagi video milik google. Salah satu raksasa internet dunia itu akan membayar konten video penggunanya bila sudah memenuhi syarat monetesasi. Nah, dari situlah para youtuber memperoleh penghasilan, lewat iklan google adsense. Pendapatan lainnya dapat diperoleh melalui promosi konten berbayar, endorsement, content placement, review produk dan yang lainnya.

3. Menjadi Blogger

Bila ujungnya er, sebagian pekerjaannya mengarah pada uang ya..??

Walau tidak semua, tapi memang begitulah faktanya. Contohnya, tarveler, backpaker, youtuber, reviewer, influencer dan yang lainnya. Jangan salah sangka, segala sesuatu yang kita kerjakan sesuai minat bisa saja menghasilkan banyak hal positif, salah satunya adalah uang.

Sama seperti seorang youtuber,  blogger juga menghasilkan uang dari google adsense jika mereka memasang iklan di blognya. Perlu diketahui, iklan untuk menghasilkan uang di blog tidak hanya google adsense ya. Kamu juga bisa menghasilkan uang dari iklan chitika, adnow, mgid, dan situs periklanan lainnya.

Contoh sukses blogger yang dapat kita jadikan panutan adalah bang Raditya Dika dan Kak Trinity. Mereka sukses mengubah hobinya menjadi uang, melalui konten-konten tulisannya. Bahkan, kisah Trinity menjadi seorang blogger juga naik layar lebar. 

Menjadi blogger tidaklah susah, yang penting harus rajin agar konten kita dapat terus update dan menarik minat serta rasa betah mereka yang membacanya.

4. Menjadi Influencer

Berikutnya, menjadi seorang influncer. Nah, profesi ini sudah mulai ramai ditekuni oleh penggiat media sosial yang memiliki banyak followers. Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh seorang influncer adalah dengan mengendorse produk mereka yang ingin produknya cepat laku.

“Bayaran endorsement seorang influencer berkisar sekitar puluhan ribu hingga jutaan rupiah Sobat, tergantung dengan jumlah followers kita. Namanya juga usaha, Sobat juga harus bekerja keras untuk dapat menjadi seorang Influencer,” ungkap Arpian Wahyudi.

Influencer asal Sekadau yang kini menempuh pendidikan di Universitas Tanjungpura Pontianak, selain bisa mendapatkan rezeki dari endorse, seorang influencer juga dapat dengan mudah memperoleh relasi. Baik itu dalam hal bisnis maupun relasi pertemanan.

“Kalau kita berkompeten dan memiliki rekam jejak yang bagus, kita juga bisa menjadi Brand Ambassador suatu produk,” ucap pemilik akun Instagram @abo_arpian itu.

Sebagai pejuang literasi dan aktivis sosial, menjadi influncer juga dapat mempermudah ia dan teman-temannya membantu manusia lainnya yang sangat membutuhkan bantuan. Salah satu contohnya adalah membantu usaha-usaha UMKM yang ada di daerahnya.

5. Menjadi Freelancer

Pekerjaan ini dapat dilakukan paruh waktu dan tetap Sobat. Tapi, pada umumnya sih lebih banyak yang paruh waktu. Freelancer memanfaatkan waktu luang mereka untuk kerja sampingan menambah uang di dompet mereka. Ada banyak pekerjaan yang dapat dilakukan oleh seorang Freelancer melalui internet.

Situs Ekrut Media memaparkan 12 pekerjaan Freelancer yang banyak di cari oleh perusahaan-perusahaan besar saat ini. Diantaranya adalah menjadi analis dan konsultan bisnis, voice over (pengisi suara konten untuk video game dan animasi), data entry (admin), desainer grafis, web designer, penulis konten, ahli SEO, Java Programmer, editor foto, data scientis, dan perencana keuangan.

6. Menjadi Admin Media Sosial

Indonesia masuk dalam peringkat 5 besar pengguna media sosial terbanyak di dunia. Situ We Are Social menyebutkan bahwa, pengguna aktif media sosial di Indonesia sudah mencapai lebih dari 160 juta pengguna. 

Di era teknologi informasi dan komunikasi saat ini, media sosial juga dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis. Peluang tersebut mendatangkan pekerjaan baru untuk mereka yang aktif dan mahir menggunakan social media dengan menjadi seorang admin.

7. Menjadi Dropshiper

Selain berjualan secara online dengan menjual produk kita sendiri; sebenarnya kita juga tetap bisa menjalankan jualan online di internet. Caranya adalah dengan menjual kembali produk suplier kita. Konsep bisnis ini adalah kita menjual produk tanpa harus memiliki produk tersebut. Konsep jualan ini dapat dijalankan tanpa modal. Dropship dapat dilakukan di platform marketplace seperi Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan yang lainnya.