Lokal, News  

Meriahnya Perlombaan Tradisional Antar OPD se-Kubu Raya, Bupati Muda Apresiasi Eventnya

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menekankan soalnya pentingnya pengembangan olahraga di Haornas ke-40 pemkab. (Dok. Prokopim Pemkab Kubu Raya)

PONTIANAK INOFORMASI, LOKAL – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya merayakan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40 dengan penuh semangat melalui beragam kompetisi olahraga, termasuk cabang-cabang tradisional dan prestasi antar-perangkat daerah.

Dalam lomba-lomba tradisional ini, masyarakat turut berpartisipasi dalam panahan sumpit serta galah hadang, sementara cabang-cabang olahraga prestasi menampilkan tenis meja dan futsal. Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, dengan tegas menggarisbawahi pentingnya mengembangkan olahraga di seluruh lapisan masyarakat, bukan hanya saat Haornas, guna menguatkan sektor pariwisata daerah.

Muda Mahendrawan menegaskan bahwa olahraga bukan hanya tentang persaingan individu, melainkan tentang kemenangan bersama yang berdampak positif bagi semua orang. Peringatan Haornas ke-40 menjadi kesempatan untuk memperluas pandangan mengenai olahraga, menjadikannya lebih dari sekadar sarana kesehatan dan hiburan, melainkan juga sebagai pendorong ekonomi rakyat.

“Seperti event-event sepak bola antardesa, bola voli, futsal, bela diri, dan sebagainya. Inisiatif seperti inilah yang Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sangat menghargainya,” kata Muda Mahendrawan usai membuka Peringatan Haornas ke-40 di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Jumat (8/9).

Ketua DPRD Kubu Raya, Agus Sudarmansyah, mendorong agar kegiatan olahraga di tahun-tahun mendatang diselenggarakan dengan semangat yang lebih besar. Kubu Raya telah melahirkan banyak atlet berprestasi yang telah membawa nama baik daerah, Kalimantan Barat, bahkan Indonesia. Haornas, menurutnya, harus menjadi ajang yang selalu dinantikan dengan penuh semangat di masa depan.

Kepala Dinas Kepemudaan, Pariwisata, dan Olahraga Kubu Raya, Rini Kurnia Solihat, melaporkan bahwa minat masyarakat sangat tinggi untuk berpartisipasi dalam perlombaan ini. Terdapat 15 regu panahan, 11 regu sumpit, 15 regu galah hadang, 16 regu tenis meja, dan 18 tim futsal yang telah mendaftar.

Harapannya adalah bahwa kegiatan ini akan membantu membangun masyarakat yang sehat, bugar, dan produktif, serta menjadi tradisi yang akan berlanjut di tahun-tahun mendatang. Haornas ke-40 Kubu Raya menjadi bukti nyata semangat olahraga yang terus berkembang di daerah ini. (hs)