Kilas Balik, Kisah Sutarmidji Raih Dua Penghargaan Dalam Sepekan

Gubernur Kalbar, Sutarmidji. (Foto: Adpim Pemprov Kalbar)

PONTIANAK INFORAMSI, LOKAL – Sutarmidji menorehkan berbagai prestasi saat menjabat sebagai Wali Kota Pontianak. Salah satu yang paling berkesan adalah saat Sutarmidji meraih dua penghargaan bergengsi dalam sepekan, mengukuhkan kiprahnya sebagai salah satu pemimpin daerah yang berprestasi di Indonesia.

Saat itu, dalam kurun waktu satu minggu, Sutarmidji berhasil mendapatkan dua penghargaan sekaligus. Yang pertama, ia dianugerahi Wali Kota Entrepreneur Award 2017 dalam kategori pelayanan publik kesehatan. Penghargaan ini diserahkan oleh tokoh global, Prof Robert Wolcott, CEO KIN Innovation and Entrepreneurship Kellog School of Management, serta Hermawan Kertajaya, Founder Philip Kotler dan CEO Marketeers, di Jakarta pada Rabu (6/12/2017).

Penghargaan kedua diraih hanya dua hari berselang, yaitu Seven Media National Award for Local Government 2017 sebagai Top Mayor of The Year 2017, yang diserahkan pada Jumat (8/12/2017) di Denpasar, Bali. Kedua penghargaan ini menegaskan peran Sutarmidji dalam mendorong inovasi dan kontribusi signifikan dalam pembangunan daerah, khususnya di bidang kesehatan dan tata kelola pemerintahan.

Dalam pernyataannya, Sutarmidji menyampaikan bahwa pencapaian ini tidak lepas dari dukungan dan kerja keras Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Pontianak. Ia memuji kinerja ASN yang dianggapnya luar biasa meskipun dengan jumlah personel yang terbatas.

“Penghargaan ini adalah hasil kerja keras ASN di Pemkot Pontianak yang telah bekerja maksimal meski jumlah SDM sangat terbatas. Hanya sekitar 2.000 orang, belum termasuk guru, namun kita mampu meraih prestasi nasional dan internasional,” ucap Sutarmidji bangga.

Tak hanya dua penghargaan itu, selama menjabat sebagai Wali Kota, Sutarmidji telah berhasil mengukir berbagai prestasi tingkat nasional. Beberapa di antaranya termasuk Standar Pelayanan Publik Terbaik se-Indonesia, Tata Kelola Ekonomi Daerah Terbaik, dan Pelayanan Perizinan Tercepat. Ia juga memimpin Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik sebanyak tiga kali, serta membawa Kota Pontianak menjadi kota terbaik dalam memudahkan perizinan pembangunan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Sebagai seorang pemimpin, Sutarmidji terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan yang terbaik bagi daerah yang dipimpinnya, dan ini menjadi salah satu alasan ia kembali maju dalam kontestasi politik menjadi Gubernur Kalimantan Barat untuk kedua kalinya. (Bel)