Ekonomi Lokal News

Selamat! Pemkot Pontianak Raih Anugerah Natamukti Nindya 2021 Atas Capaian Peningkatan Daya Saing UMKM

Foto: Prokopim Pemkot Pontianak

Berita Pontianak, PONTIANAK INFORMASI – Selamat, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak kembali meraih penghargaan Natamukti Nindya tahun 2021. Anugerah tersebut diberikan oleh International Council for Small Business (ICSB) bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah untuk daerah yang berhasil meningkatkan daya saing UMKM.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menerangkan, penghargaan Natamukti merupakan apresiasi yang diberikan kepada kabupaten/kota yang berhasil meningkatkan daya saing UMKM tingkat nasional maupun internasional.

Menurutnya, penghargaan kategori ini merupakan award tertinggi karena hanya beberapa kabupaten/kota di Indonesia yang menerimanya. Seremoni penyerahan penghargaan digelar secara virtual melalui Zoom Meeting.

“Artinya UMKM di Kota Pontianak memiliki daya saing yang tidak kalah dengan UMKM yang ada di daerah-daerah lainnya,” terangnya, usai menghadiri seremonial penerimaan penghargaan Natamukti Nindya secara virtual di Ruang Pontive Center, Kamis (9/12/2021).

Lebih lanjut, dia menjelaskan variabel utamanya dari sisi jumlah UMKM yang ada. Selanjutnya, sisi kreativitas, teknologi, kualitas dan mutu produk UMKM.

Dikatakannya, produk-produk UMKM sudah berorientasi internasional, contoh produk aloe vera dan bahkan industri kreatif banyak yang sudah berorientasi internasional. 

“Artinya produk-produk UMKM bisa diterima oleh masyarakat luas,” tambah Edi.

Terpilihnya kembali dalam anugerah ini, lanjut Edi karena UMKM di Kota Pontianak sudah masuk dalam kategori Pentahelix yang mencakup adanya pelaku usaha, komunitas usaha, keterlibatan pemerintah dalam pembinaan, keterlibatan akademis dalam rangka membantu mempertajam peningkatan mutu dan keterlibatan media. 

“Kota Pontianak termasuk kelompok Pentahelix apalagi sekarang menuju Revolusi Industri 4.0 sehingga produk-produk UMKM kita sudah berorientasi internasional dan itu sebagai salah satu indikator penilaian,” jelasnya.

Hingga tahun 2021, terhitung Pemkot Pontianak sudah 5 kali menerima Natamukti, yakni pada tahun 2016, 2018 dan 2019 dan 2020.

Tahun 2021 ini, ada tujuh kabupaten/kota yang meraih penghargaan Natamukti. Hebatnya, Kota Pontianak berada di urutan ketiga setelah Kota Salatiga dan Jambi.