Internasional News

Keren! Paviliun Indonesia Semarakkan Festival dell’Oriente di Roma

Foto: KBRI Roma

Berita Internasional, PONTIANAK INFORMASI – KBRI Roma menghadirkan Paviliun Indonesia yang menyemarakkan Festival dell’Oriente di Fiera Nuova Roma pada 23–25 April 2022. 

Dilansir dari situs Kemenlu RI (28/4), Festival dell’Oriente merupakan festival budaya Asia terbesar di Italia yang menampilkan pameran dan bazaar produk makanan dan barang kerajinan dari Timur; rangkaian pertunjukan seni dan budaya; serta pertemuan dan seminar mengenai berbagai topik perdagangan, gastronomi, kesehatan dsb. dari berbagai negara di Asia.

Paviliun Indonesia kali ini menampilkan berbagai produk hortilkultura seperti kopi, bawang goreng, keripik pisang dan jamu; makanan dan minuman ringan kemasan Indonesia seperti ‘Teh Botol’, ‘Frutea’, ‘Pop Mie’, dan kacang atom; produk aksesoris dan kerajinan tangan dari Bali; produk cindera mata dari berbagai daerah di Indonesia; jasa pijat tradisional Indonesia; serta pertunjukan seni dan budaya Indonesia antara lain yaitu musik angklung, tari Betawi, dan tari Bali.

Grup Angklung KBRI Roma memainkan medley lagu tradisional Gambang Suling, Bolelebo dan Apuse dilanjutkan dengan lagu pop ‘I Have A Dream‘; sementara penari muda berbakat, pelajar Indonesia di Italia, Zayna Waskito menampilkan tari Betawi ‘Lenggang Nyai’. Selama tiga hari penyelenggaraan Festival dell’Oriente, diaspora Indonesia Sdri. Tia Margi Rini juga menampilkan tari Pendet dari Bali, baik di panggung pertunjukan maupun di Paviliun Indonesia.

Suguhan kudapan seperti teh, jamu dan makanan ringan Indonesia sangat disukai oleh para pengunjung yang hadir, sementara pertunjukan musik dan seni tari budaya Indonesia juga memukau publik yang hadir pada Festival dell’Oriente.

Keikutsertaan Indonesia dalam Festival dell’Oriente berhasil mempromosikan seni dan budaya Indonesia kepada masyarakat Italia serta mendorong pemasaran dan peningkatan ekspor produk Indonesia ke Italia.

Paviliun Indonesia terselenggara atas kerja sama KBRI Roma, Atase Pertanian, Atase Perdagangan, ITPC Milan, perusahaan Importir produk Indonesia “CFS International Market” dan “Balinesia“, serta perusahaan jasa pijat tradisional Indonesia “Wonderful Indonesia Benessere”. (yd)