Lokal News

Apresiasi Rakerda IV LPTQ Kalbar, Prabasa Harap LPTQ Ciptakan Program Inovatif untuk Kemajuan Tilawatil Qur’an Kalbar

Prabasa
Foto: Dok. DPRD Kalbar

Berita Kalbar, PONTIANAK INFORMASI – Wakil Ketua DPRD Kalbar, Prabasa Anantatur menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IV Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Kalbar Tahun 2022. Agenda ini berlangsung pada 21-23 Maret 2022 di Grand Ballroom Grand Hotel Mahkota Pontianak.

Prabasa turut mengapresiasi diselenggarakannya agenda tersebut. Menurutnya Rakerda ke-4 ini dapat menjadi momentum untuk pihak LPTQ mengembangkan Tilawatil Qur’an di wilayah Kalbar melalui program-program inovatifnya.

“Mewakili segenap pimpinan dan anggota serta lembaga, saya sangat mengapresiasi diselenggarakannya agenda ini. Semoga bisa jadi momentum untuk LPTQ terus mengembangkan Tilawatil Qur’an di Kalbar,” ucapnya kepada Tim Redaksi PI, Selasa (22/3/2022).

Kepada penyelenggara, Prabasa berharap agar penyelenggara kedepannya membuat program-program yang inovatif dan berkelanjutan untuk pengembangan Tilawatil Qur’an Kalbar. Program tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan prestasi Kalbar dalam ajang Tilawatil Qur’an (MTQ) di tingkat nasional.

“Buatlah program-program yang inovatif dan berkelanjutan. Program tersebut tentu diharapkan agar prestasi Kalbar dalam keikutsertaannya di MTQ bisa terus meningkat,” katanya.

Sebagai informasi, melansir laman kalbarprov.go.id (22/3), Rakerda ini diselenggarakan dalam rangka pengembangan program kerja kelembagaan dan menyamakan persepsi untuk meningkatkan mutu para tahfiz Al Quran dan uji kompetensi wisuda tahfiz di Provinsi Kalimantan Barat. Rakerda LPTQ ke-4 ini dibuka langsung oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji.

Pada kesempatan tersebut Sutarmidji menyampaikan perlu ada uji kompetensi para tahfiz Al Quran dalam melantunkan ayat-ayat suci Al Quran untuk menghasilkan bacaan yang sempurna dengan melatih pernafasan dalam membaca ayat suci Alquran, serta perlu ada pendampingan dokter olahraga sebagai tempat untuk konsultasi kesehatan.

Sementara itu, Ketua Umum LPTQ Provinsi Kalimantan Barat, Andi Musa dalam rilis Adpim Pemprov Kalbar (21/3), menyampaikan gagasan baru sangat diperlukan dalam membina dan memajukan Tilawatil Quran di Kalimantan Barat. Untuk itu, diperlukan adanya sinergitas antara Ketua LPTQ kabuaten/kota, serta melakukan pembenahan untuk memiliki terobosan baru pada masa kini hingga masa yang akan datang.

Hal senada juga diungkapkan Prabasa. Dia meminta agar sinergi antara pengurus LPTQ di tingkat kabupaten/kota dapat terjaga baik, sehingga event seperti MTQ bisa sukses penyelenggaraanya dan terus melahirkan bibit-bibit unggul yang berprestasi. (yd)