Lokal News Pariwisata

Disporapar Kalbar Bentuk GEMPPAR untuk Bantu Program Pariwisata, Ketua Terpilih Muhammad Riqbi

Foto: Istimewa

Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalimantan Barat membentuk organisasi baru yang ditugaskan untuk membantu pemerintah daerah setempat menyuksesan program kepariwisataan. Nama organisasi tersebut adalah Generasi Millenial Putera Puteri Pariwisata Kalbar (GEMPPAR).

Pembentukan organisasi tersebut diselenggarakan seusai Kegiatan Pembinaan dan Penguatan Generasi Millenial Pariwisata Kalimantan Barat Tahun 2021 yang diadakan pada 6-7 Oktober 2021 di Hotel Kapuas Dharma, Kota Pontianak. Ketua terpilih, Muhammad Riqbi menyambut baik pembentukan organisasi tersebut.

Duta Pariwisata Kalimantan Barat tahun 2021 ini berharap kolaborasi bersama pemuda-pemudi dalam memajukan pariwisata dapat terus dilakukan. Riqbi menjelaskan, GEMPPAR terhimpun dari alumni duta pariwisata dari tiap kabupaten/kota yang ada di Kalbar. Seluruh duta pariwisata di Kalbar, terang Riqbi, secara otomatis masuk dalam keanggotaan GEMPPAR.

Tampak hadir dalam kegiatan pembinaan Kepala Disporapar Kalbar Windy Prihastari, Ketua DPD Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Nugroho Henray Ekasaputra, Ketua BPD Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) Yuliardi Qamal, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Iwan Setiawan, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Disporapar Kalbar, dan Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Sarana dan Prasarana Disporapar Kalbar.

Kadisporapar Kalbar, Windy Prihastari dalam sambutan pembukanya mengulik beberapa komponen utama perlu menjadi perhatian dalam rangka menarik minat wisatawan untuk berkunjung dan menikmati keindahan alam dan budaya, seperti sistem transportasi, akomodasi, atraksi wisata, fasilitas pelayanan, informasi dan promosi wisata.

Windy juga berharap agar pengurus yang terpilih harus mampu menjaga konsolidasi kepengurusan dan menjaga kebersamaan dalam menjalankan roda organisasi.

Selain diadakan pembentukan GEMPPAR, berlangsung juga Musyawarah Besar Generasi Pesona Indonesia (GenPI) dalam agenda pembinaan tersebut. Pada kesempatan itu terpilih Radit Mananta menjadi Ketua GenPI

Empat hari berselang, pada acara Live Ngobrol Asik yang digelar oleh Pontianak Informasi bersama GenPI Kalbar, Radit turut mengajak masyarakat Kalbar untuk meramaikan destinasi wisata Kalbar.

“Jangan jauh-jauhlah berwisata karena di Kalimantan Barat itu ada banyak sekali tempat wisata dan bahkan yang belum terjamah,” pungkas Radit, Rabu (10/11/2021).

Senada dengan Radit, Riqbi juga mengajak pemuda-pemudi Kalbar untuk saling bersinergi memajukan pariwisata Kalbar.

“Ayo bersama-sama, mari kita buat gerakan bareng saling bersinergi,” ajaknya.