Kesehatan Lokal News

Gelar Vaksinasi Mobile, Polresta Pontianak Kota Imbau Masyarakat Sadar Vaksin: Demi Kesehatan Kita Semua

Foto: Dok. Pontianak Informasi

Pontianak – Polresta Pontianak Kota mengimbau masyarakat Pontianak untuk sadar vaksin. Imbauan tersebut disampaikan oleh Koordinator Lapangan Vaksinator Mobile Polresta Pontianak Kota, Iptu Asep Tedi dalam kegiatan vaksinasi mobile yang digelar di Five Times Cafe Jalan Dr. Wahidin, Kamis (18/11/2021) siang.

Menurut Iptu Asep, imbauan vaksinasi itu dilakukan guna mempercepat Herd Immunity (Kekebalan Komunal). Dikatakannya juga, demi kesehatan bersama.

“Mohon kesadarannya untuk masyarakat, demi tercapainya Herd Immunity. Masyarakat itu harus sadar untuk mengikuti vaksin, tidak usah dengar berita-berita yang tidak benar, tidak usah ada perasaan ragu-ragu. Ini demi kesehatan kita semua,” ucap Iptu Asep (18/11).

Sebelumnya, Iptu Asep menerangkan bahwa vaksinasi massal yang berlangsung dengan metode jemput bola mendatangi masyarakat itu bertujuan untuk mempercepat capaian Herd Immunity dan mendukung program pemerintah pusat. Terkhususnya Pemerintah Kota Pontianak yang menargetkan vaksinasi di atas 80 persen akhir tahun 2021 ini.

Pada kesempatan itu, diadakan juga pembagian masker untuk masyarakat yang sedang melintas di perempatan jalan dan pasar Dr Wahidin, serta operasi zebra.

“Kami hari ini ada 3 tim yang turun. Ada Tim Vaksinator, Tim KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan) yang membagikan masker, dan Tim Operasi Zebra,”

Vaksinasi mobile yang sedang belangsung ini, lanjut Iptu Asep, adalah kegiatan yang sudah dijadwalkan oleh pihaknya. Dimana ditujukan untuk masyarakat yang sebelumnya kesulitan mengantri di sentra-sentra vaksinasi massal.

Selain itu, kegiatan tersebut, jelasnya, juga bagian dari jemput bola untuk membantu warga yang tak sempat datang ke sentra vaksin.

“Dengan adanya vaksin mobile ini, kita jemput bola. Kalau ada warga yang tidak sempat mendatangi tempat vaksin seperti ini, asal mereka bisa menghubungi kami, ya minimal 10 orang akan kita jadwalkan dan datangi langsung ke tempat,” tambahnya.

Iptu Asep menuturkan, setidaknya sudah lebih dari 10 orang yang mendaftar vaksin dan akan terus bertambah lantaran baru dibuka sekitar setengah jam pada pukul 10.15 WIB tadi.

Kemudian, ia berharap vaksinasi mobile dapat mempercepat capaian Herd Immunity yang juga ditargetkan oleh pemerintah pusat.

“Harapan dari kami sama sebetulnya dengan pemerintah, yakni mencapai Herd Immunity,” ungkapnya.