Lokal News

Ikadin Kalbar Tandatangani Kerja Sama dengan Universitas Oso Pontianak Sekaligus Sosialisasi Cyber Crime untuk Masyarakat

Istimewa

Berita Kalbar, PONTIANAK INFORMASI – DPD Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Kalimantan Barat menyelenggarakan sosialiasi Cyber Crime kepada para pengurus dan anggota IKADIN Kalimantan Barat sekaligus penandatanganan hubungan kerja sama antara Ikadin Kalbar dengan Universitas OSO.

Adapun yang hadir Rektor Universitas OSO, DR, Dede Suratman, SH, MH, Ketua Pembina Ikadin Kalbar, Irjend Pol Didi Haryono, yang telah berlangsug  di Hotel Kini Pontianak, Sosialisasi Cyber Crime diberikan langsung oleh Personel Subdit Cyber Crime, Direktorat Khusus Polda Kalimantan Barat, Jum’at 28 Januari 2022.

Dalam penyampaian Materinya, personel Subdit Siber Polda Kalbar yakni Ipda Muhammad Hendara Putra, SH, MH, Panit 1 Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Kalbar menyampaikan bahwa dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, maka kejahatan pun mengalami perubahan mengikuti jaman, terkhusus dalam bidang komunikasi di dunia maya internet.

Oleh sabab itu dibuatlah UU ITE sebagai payung hukum transaksi elektronik di Internet yang di undangkan pada tahun 2008 bersamaan dengan UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik.

UU ITE dibuat untuk mengatur interaksi di dunia maya yang tidak bisa dipisahkan dengan dunia nyata dan bertujuan untuk menjaga ruang digital agar bersih, sehat, beretika dan dimanfaatkan secara produktif.

Kemudian, UU ITE melindungi nilai kemanusiaan yang dimiliki warga negara agar tidak dianggar oleh warga negara lainnya atas nama kebebasan berekspresi maupun internet freedom.

Pada sosialisasi inipun dipaparkan juga pada tahun 2020 Direktorat Khusus Polda Kalbar menangani sebanyak 77 kasus yang berhubungan dengan kejahatan siber.

Judi Online sebanyak 4 kasus, muatan asusila 22 kasus, penghinaan / pencemaran nama baik 18 kasus, Berita Bohong 13 Kasus, SARA 15 Kasus, Manipulasi Data 3 Kasus, dan Pengancaman 2 Kasus.

Ketua Ikadin Kalbar Daniel Edward Tangkau menyampaikan, terkait sosialisasi dari Subdit Cyber Crime oleh Polda Kalbar bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih kepada seluruh anggota agar dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dan dunia maya secara bijak.

“Ini masalahnya terkait Cyber Crime oleh sebab itu kita harus berbicara secara baik,” ujarnya kepada Pifa Sabtu, 29 Januari 2021.

Lebih lanjut ia berkata, terkait kerja sama yang dijalin bersama Universitas OSO, pengacara senior Kalbar itu mengatakan sebelumnya pihaknya dari Ikadin sudah bekerja sama dengan berbagai Universitas yang ada di Kalbar.

Tujuan utama kerja sama tersebut yakni untuk menaikan kualitas sumber daya manusia di Kalimantan Barat.

”Kerjasama ini dalam bidang Pendidikan, mahasiswa yang hendak magang nanti, kami siap mendampingi, seminar, stadium general, semua kita masuk,” tuturnya.

”Tidak harus sarjana hukum, sebagai seorang sarjana ketika mereka selesai dari perkuliahan di kampusnya mereka akan menghadapi realitas, oleh sebab itu mereka perlu dibina dan didik  di uji untuk kemampuan mereka bermasyarakat, karena keluaran sarjana itu belum tentu semua sudah siap bermasyarakat, melalui jembatan inilah kita satukan semua supaya baik,” jelasnya.

Selanjutnya, Irjen Pol (Purn) Didik Haryono, yang merupakan Ketua Dewan Pembina Ikadin Kalbar berharap Ikadin dapat membantu bersama – sama mengawal dan membantu peningkatan pembangunan di Kalbar, khususnya peningkatan sumber daya manusia.

“Dalam melaksanakan pengawalan pembangunan itu baik dari aspek Prosperity , maupun aspek Security, dan itu ada tiga aspek, pertama Yuridis Prosedural, teknis profesional, dan etnis Proporsional, dan tentunya ini yang mengawal sebagaimana yang diharapkan oleh seluruh masyarakat,”tuturnya.

Kemudian, dengan kerja sama antara Ikadin dan Universitas OSO serta berbagai Universitas lain yang ada ia mengatakan sejalan dengan visi dan misi dari Ikadin. ”Semoga kerja sama ini bisa memberikan pembelajaran terutama kepada mahasiswa – mahasiswa yang ada di Kalimantan,” paparnya. (RS)